Gugus Tugas Covid: Warga Usia di Bawah 45 Tahun Boleh Kerja di Luar Rumah
Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Indonesia, Doni Monardo. (Detik.com)

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah mengizinkan masyarakat berusia di bawah 45 tahun kerja di luar rumah di tengah pandemi Covid-19. Langkah ini diambil guna menekan dampak ekonomi yang timbul akibat wabah tersebut.

Pernyataan tersebut disampaikan Kepala Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19, Doni Monardo. Dia mengatakan masyarakat dengan rentang umur di bawah 45 tahun cenderung memiliki kondisi fisik yang sehat dan aman dari risiko Covid-19.

“Dan rata-rata kalau toh mereka terpapar, mereka belum tentu sakit. Mereka tidak ada gejala. Kelompok ini tentunya kita berikan ruang untuk bisa beraktivitas lebih banyak lagi, sehingga potensi terpapar karena PHK akan bisa kita kurangi,” kata Doni usai rapat terbatas dengan Presiden Joko Widodo melalui telekonferensi, Senin (11/5/2020).

BMKG Pastikan Dentuman di Jateng Bukan Aktivitas Seismik dan Petir, Tapi… 

Namun, Doni Monardo menyatakan hal itu tetap harus dilaksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan secara disiplin dan ketat. Menjaga jarak dengan orang lain secara fisik, menghindari kerumunan, menggunakan masker, dan sering mencuci tangan memakai sabun wajib menjadi standar setiap masyarakat yang beraktivitas di ruang publik.

“Apabaila ini semua sudah bisa dipahami seluruh masyarakat. Maka diharapkan bangsa kita bisa memulai kehidupan dengan new normal,” sambung dia seperti dikutip dari Bisnis.com, Selasa (12/5/2020).

Kelompok Rentan

Doni Monardo melanjutkan upaya maksimal penyebaran Covid-19 harus berfokus pada kelompok rentan. Yakni orang lanjut usia dan juga orang-orang yang memiliki penyakit bawaan. Manula berusia 60 tahun ke atas memiliki risiko kematian akibat Covid-19 sebesar 45 persen.

Kemudian, kelompok usia 46 tahun hingga 59 tahun dengan penyakit pernyerta seperti hipertensi, diabetes, jantung, dan penyakit paru obstruktif kronis (PPOK) yang biasanya karena kebiasaan merokok memiliki risiko kematian sebesar 40 persen.

“Nah ketika mengingatkan kelompok rentan ini untuk selalu menjaga diri maka kelompok rentan ini pun bisa mengurangi risiko,” katanya.

Kisah Mbah Minto Klaten Viral di Medsos: Awalnya Dibayar Rp20.000 per Vlog 

Doni Monardo melanjutkan saat ini seluruh dunia tengah berupaya keras menjaga keseimbangan dalam upaya memutus rantai persebaran Covid-19. Salah satunya dengan menekan dampak ekonomi yang mengikutinya.

Gugus Tugas Covid-19 menegaskan setiap penanganan bencana jangan sampai menimbulkan bencana lain. Dalam kasus Covid-19 ini bencana lain adalah hilangnya sumber pendapatan hingga potensi PHK. Itulah sebabnya pemerintah mengizinkan masyarakat kelompok usia di bawah 45 tahun kerja di luar rumah.

Sumber: Bisnis.com


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho