GUDEP SMK IT SI DIRESMIKAN: Tingkatkan Peranan Pramuka
Ketua Harian Kwarcab Solo, Drs H Amsori SH MPd (kedua kanan) meresmikan Gudep SMK Islam Terpadu (IT) Smart Informatika (SI) di sekolah itu d Gremet, Manahan, Solo, Jumat (1/3). (JIBI/SOLOPOS/Nadhiroh)
Ketua Harian Kwarcab Solo, Drs H Amsori SH MPd (kedua kanan) meresmikan Gudep SMK Islam Terpadu (IT) Smart Informatika (SI) di sekolah itu di Gremet, Manahan, Solo, Jumat (1/3/2013). (JIBI/SOLOPOS/Nadhiroh)

SOLO—Gugus Depan 05.1090-05.1091 Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Islam Terpadu (IT) Smart Informatika (SI) diresmikan Ketua Harian Gerakan Pramuka Kwartir Cabang (Kwarcab) Solo, Drs H Amsori SH MPd, di halaman SMK IT SI di Gremet, Manahan, Solo, Jumat (1/3/2013).

Pada upacara itu juga dilakukan Pelantikan Dewan Kehormatan, Majelis Pembimbing dan  Pembina Gugus Depan 05.1090-05.1091 SMK IT SI.

Di dalam sambutannya, Amsori yang mewakili Ketua Kwarcab Solo, Budi Suharto SH MM, menyampaikan pelantikan itu  merupakan salah satu realisasi program kerja Kwarcab dalam pengembangan gerakan pramuka yang juga wujud revitalisasi gerakan pramuka seperti yang dicanangkan Presiden RI tanggal 14 Agustus 2006 sekaligus mengimplementasikan UU No 12 tahun 2010 tentang Gerakan Pramuka.

“Terlebih, pramuka merupakan salah satu wadah pembinaan generasi muda yang tepat guna pembinaan dan pendidikan karakter yang selama ini banyak orang lain selalu katakan karakter, karakter dan karakter. Di gerakan pramukalah wadahnya,” ujar Amsori.

Amsori menuturkan dengan pelantikan ini, diharapkan gerakan pramuka sebagai salah satu wadah kegiatan kawula muda dalam rangka pembinaan generasi muda bangsa dapat meningkatkan peranannya. Yaitu membantu masyarakat dan pemerintah, melaksanakan pendidikan dan pembinaan kepada kaum muda agar dapat berbuat dan berperan serta dalam pelaksanaan pembangunan Bangsa dan Negara.

Dikemukakan Amsori, gerakan pramuka berfungsi sebagai lembaga pendidikan, wadah pembinaan dan pengembangan generasi muda dengan menerapkan prinsip dasar kepramukaan dan metode kepramukaan serta sistem among yaitu pelaksanaanya sesuai dengan keadaan, kepentingan dan perkembangan bangsa serta masyarakat Indonesia.

Ketua Gudep 05.1090 SMK IT SI, H Sabariyanto SPd menyampaikan dengan memiliki nomor Gudep, gerakan pramuka di SMK IT SI bisa terlibat di kegiatan kota/kabupaten dan pengembangan penegak. Selama ini, imbuh Sabar, ada sekitar 180 siswa yang mengikuti kegiatan pramuka tiap Jumat sore.

“Selain itu, kami rutin mengadakan kemah orientasi pada awal tahun ajaran dan kemah akhir tahun. Semoga mereka [siswa] semakin terampil, berprestasi, teruji dan bisa bersaing,” lanjut Sabar.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom