SOLOPOS.COM - Nasi Gudeg---Pemilik RM Mukti Sari, Gemolong, Endang Sri Kayati, sedang meracik menu nasi gudeg yang menjadi andalan RM tersebut, Kamis (24/11)

(Solopos.com) – masakan khas Jawa, gudeg, memang banyak macamnya. Bukan cuma di Solo atau Jogja yang punya warung-warung gudeg khas, kota kecil seperti Gemolong pun punya warung gudeg yang khas yang patut disambangi.

MERACIK -- Pemilik RM Mukti Sari, Gemolong, Endang Sri Kayati, sedang meracik menu nasi gudeg. (JIBI/SOLOPOS/Syahaamah Fikria)

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satunya adalah Rumah Makan (RM) Mukti Sari di Jl Gemolong-Karanggede km 1, Desa Ngembatpadas, Gemolong, tepatnya sebelah barat Rumah Sakit As Salam. Endang Sri Kayati, si pemilik RM, mengaku sengaja membuka rumah makan dengan hidangan utama gudeg karena di wilayah Gemolong dan sekitarnya belum ada warung makan yang menawarkan menu tersebut.

“Awalnya saya punya usaha katering di rumah dengan spesialisasi sop buntut dan gudeg. Sudah sering mendapat pesanan dan para pelanggan merasa pas dengan menu racikan saya. Akhirnya muncul ide untuk membuat RM ini beberapa bulan lalu. Ya biar para pelanggan lebih mudah mendapatkan makanan kegemaran mereka,” ujar Endang saat ditemui Espos.

Menghadirkan masakan gudeg di wilayah yang berbeda dengan asalnya membuat Endang memiliki tantangan tersendiri untuk bereksperimen. Rata-rata, kata dia, gudeg di Jogja itu rasanya manis sekali, sedangkan selera daerah lain, terutama di pedesaan lebih suka yang sedikit gurih dan pedas. Maka dari itu, tanpa meninggalkan ciri khas gudeg, yakni nangka muda dan sambal goreng krecek ditambah telur atau ayam, Endang membuat masakannya lebih gurih dan tak terlalu manis. Terbukti, rasa itulah yang cocok di lidah para pelanggannya.

Makanan yang dibanderol Rp 10.000 per porsi untuk nasi gudeg ayam dan Rp 5.000/porsi untuk nasi gudeg telur itu menjadi makanan yang paling banyak dipesan pengunjung RM Mukti Sari. “Meski baru lima bulan dibuka, tapi alhamdulillah langsung ramai. Pembeli yang datang banyak dari Solo, Semarang dan seluruh wilayah di Sragen. Selain itu, juga pesanan untuk kantoran dan acara-acara juga berdatangan,” lanjut dia.

Selain gudeg, Endang pun menawarkan berbagai menu makanan yang kesemuanya memang jarang ditemukan di Gemolong dan sekitarnya. Menu tersebut di antaranya sop matahari, selat segar dan sop buntut. Menu salad segar di RM Mukti Sari yang bisa dikatakan adalah satu-satunya di Gemolong juga mendapat respons baik di kalangan pencinta kuliner di daerah itu.

“Saya memang sengaja menawarkan menu-menu yang jarang dijual di sini, sehingga bisa memberikan pilihan baru bagi masyarakat. Selat segar saya sering dipesan untuk acara ulang tahun atau arisan karena jenis makanannya ringan dan segar,” terangnya. Keistimewaan lain dari RM Mukti, adalah menyediakan layanan pesan antar. Bahkan, diakui Endang, pelanggan yang memesan dua porsi pun akan diantarkan sesuai alamat yang dituju.

Syahaamah Fikria

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya