Gudang Farmasi Klaten Siap Menampung Ribuan Vaksin Covid-19
Kondisi di salah satu ruangan di gudang farmasi Klaten, Jl. Veteran No. 56 Klaten, Jumat (22/1/2021). (Solopos-Ponco Suseno)

Solopos.com, KLATEN — Dinas Kesehatan (Dinkes) Klaten sudah menyiapkan gudang farmasi untuk menampung ribuan vaksin Covid-19, dalam beberapa waktu terakhir. Ruangan di dalam gudang farmasi itu dilengkapi dengan cold chain guna menjaga kualitas vaksin.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, gudang farmasi itu berada di Jl. Veteran No. 56 Klaten. Di area 2.715 meter persegi itu tersedia satu ruangan khusus yang difungsikan menyimpan vaksin.

Seorang Pemilik Kios Terkonfirmasi Positif Covid-19, Pasar Jeto Klaten Tutup 3 Hari

Di dalam ruangan tersebut, dilengkapi cold chain yang sudah dijaga suhu udaranya sesuai ketentuan. Di samping itu, suhu di ruangan juga terasa adem karena dilengkapi dengan air conditioner (AC).

“Di sini terdapat 12 cold chain. Yang lima unit pengadaan dan sudah ada di sini, Desember 2020. Sisanya memang sudah diperuntukkan menampung vaksin rutin. Nantinya, satu unitnya bisa menampung kurang lebih 1.000 dosis,” kata Kepala Instalasi Farmasi Dinkes Klaten, Ismail Riyadi, saat ditemui Solopos.com, Jumat (22/1/2021).

Akan Jadi Orang Pertama di Klaten yang Divaksin Covid-19, Begini Kata Bupati Sri Mulyani

Sembari menunggu datangnya vaksin, lanjut Ismail Riyadi, petugas telah mengatur suhu dingin, baik di cold chain atau pun ruangan. Di samping itu, petugas setempat juga sudah menyiapkan alat untuk mengangkut vaksin.

“Kami selalu mengontrol suhu secara rutin. Prinsipnya, sarana dan prasarana (sarpras) di sini telah siap. Kami tinggal menunggu datangnya vaksin. Terkait pengamanan vaksin, nanti akan dibicarakan lebih lanjut. Apakah cukup dari tenaga kesehatan (nakes) atau harus disertai juga aparat keamanan,” kata Ismail Riyadi.

Diprioritaskan untuk Nakes

Kepala Bidang (Kabid) Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular (P2PM) Dinkes Klaten, Anggit Budiarto, mengatakan jatah vaksin Covid-19 yang dikirim ke Klaten di tahap awal bakal diberikan ke 2.349 nakes.

Jumlah itu belum sebanding dengan total nakes di Klaten, yakni mencapai 6.779 orang.

Anggota DPRD Klaten Ini Blusukan Sembari Sosialisasikan Protokol Kesehatan

“Informasinya, vaksin tiba di Klaten baru Februari mendatang. Vaksin memang diprioritaskan bagi nakes. Tapi, orang pertama di Klaten yang akan divaksin, yakni Bupati Klaten. Itu untuk pencanangan vaksinasi di Klaten sendiri,” katanya.

Hingga Kamis (21/1/2021), jumlah kumulatif Covid-19 di Klaten mencapai 4.087 kasus. Sebanyak 457 orang menjalani perawatan/isolasi mandiri. Sebanyak 3.406 orang dinyatakan sembuh. Sedangkan kasus Covid-19 hingga meninggal dunia telah mencapai 224 orang.

 



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya









Kolom