SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Anda penggila kuliner udang? Tak ada salahnya mampir ke Gubug Makan Mang Engking yang berlokasi di Jalan Soragan Nomer 13 Godean, Jogja. Di sana, udang dimasak dengan bumbu variatif.

Menu andalan di rumah makan yang dibangun tahun 2006 ini yakni udang bakar madu. Jika biasanya udang jenis galah dibakar kemudian dioles kecap manis, kali ini madu sebagai penggantinya. Rasanya manis bercampur daging udang yang gurih dijamin menggoyang lidah Anda.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Untuk satu porsi udang bakar madu ukuran super delapan ekor dihargai Rp77.500. Sementara ukuran standar berisi 14 ekor udang diberandol Rp71.000. Selain udang bakar madu ada pula udang yang digoreng lalu disiram saus padang, saus tiram, asam manis, udang digoreng biasa, udang goreng tepung dan rebus.

Hasim, pengelola Gubug Makan Mang Engking menuturkan udang-udang tersebut merupakan hasil budidaya sendiri di Minggir, Sleman. Mang Engking Sodikin, sang pemilik rumah makan, asal Tasik Malaya telah menambak udang sejak 1990-an di Jogja. Hasilnya disetorkan ke restoran di Bali.

Sayangnya, 2002 terjadi bom bali yang mengakibatkan ekspor udang Mang Engking terhambat. “Daripada tidak ada pembuangan udang, lebih baik buat restoran dan dijual sendiri,” terang Hasim.

Karena peminatnya banyak, Mang Engking lantas menambahkan menu ikan gurame, seperti gurame bumbu cobek dari rempah-rempah, sop gurame, asam manis, saus tiram, bakar kecap, bakar madu dan saus padang.

Menu lain yakni kepiting telur dan jantan yang diimpor dari Makassar dengan harga 71.000 per setengah kilogram. Sementara cumi-cumi didapat dari wilayah Sleman dengan harga variatif mulai Rp44.000 hingga Rp49.500 per porsi.

Bagi penyuka pedas, di rumah makan yang buka setiap hari ini juga disajikan sambal terasi dadakan, tomat, cobek, bawang dan kecap. Kini rumah makan Mang Engking yang sejuk dengan desain pedesaan lengkap dengan kolam ikan ini telah membuka cabang di Jakarta, Surabaya dan Bali.

Adapun rumah makan Mang Engking yang didirikan pertama kali (2004) dan menjadi pusat berada di Jamur, Sendangrejo, Minggir, Sleman. “Rencananya, Desember nanti akan membuka di Purwokerto,” imbuh Hasim, yang sejak 2004 ikut mengelola Gubug Makan Mang Engking.(Wartawan Harian Jogja/Tri Wahyu Utami)

HARJO CETAK

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya