Gubernur: Pemudik Jangan Nyampah di Jateng!
Petugas kebersihan mengumpulkan sampah yang dibuang sembarangan oleh para pemudik di tempat istirahat Km. 429 Jalan Tol Semarang-Bawen. (Antara-Trans Marga Jateng)

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengimbau para pemudik yang berasal dari berbagai daerah agar tidak membuang sampah secara sembarangan saat singgah maupun berkunjung di Jateng.

"[Pemudik] jangan nyampah, kalau pas istirahat di manapun tolong jaga kebersihan," katanya saat memantau arus mudik Lebaran 2019 di Rest Area Km. 429 Jalan Tol Semarang-Solo ruas Semarang-Bawen, Kabupaten Semarang, Jawa Tengah, Senin (3/6/2019).

Ia mengaku mendapat laporan berupa foto dari masyarakat melalui akun Twitter-nya mengenai kondisi di tempat istirahat Km. 429 yang terlihat sampah berserakan di mana-mana. "Saya titip pesan, jangan buang sampah sembarangan, kalau tidak menemukan tempat sampah ya bawa dulu sampahnya atau ditaruh di mobil agar suasana bersih," ujarnya.

Sebelumnya, Telly Fandha selaku GM Operasional Tempat Istirahat Km. 429 Jalan Tol Semarang-Bawen juga telah mengimbau pemudik ikut berperan aktif menjaga kebersihan di tempat istirahat dengan tidak membuang sampah secara sembarangan. Ia menyebutkan pengelola tempat istirahat Km. 429 telah menyediakan tempat sampah berkapasitas 90 liter di 40 titik dan kantong plastik berkapasitas 120 liter.

Tempat sampah dan kantong plastik tersebut diletakkan di setiap 10 m di tempat istirahat Km. 429 dengan harapan para pemudik tidak membuang sampah sembarangan. "Selain tempat sampah di 40 titik, kami juga menyiapkan 6.000 kantong plastik yang diletakkan di setiap pohon dan tiang-tiang lampu, tapi tetap saja banyak pemudik yang buang sampah sembarangan atau cari praktisnya saja," katanya.

Menurut dia, volume sampah yang dibuang pemudik di Rest Area Km. 429 sudah di luar kewajaran, bahkan berserakan hingga pinggir jalan tol yang berjarak beberapa meter dari pintu keluar tempat istirahat. "Selain pintar berlalu lintas dan pintar berkendara, pemudik juga harus pintar menjaga kebersihan," ujar dia.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya








Kolom