SOLOPOS.COM - Bibit Waluyo

Bibit Waluyo

Semarang (Solopos.com)–Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Bibit Waluyo mengatakan uji coba padi varietas unggulan tahan hama telah terbukti berhasil mengatasi serangan hama wereng di wilayah Kabupaten Klaten.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Hasilnya cukup baik dengan padi jenis Inpari 13,” ujar Gubernur di Semarang, Minggu.

Menurut Gubernur populasi wereng pada area sawah yang ditanami varietas unggulan ini amat sangat kecil.

“Populasi wereng sekitar 0,2 ekor per 10 batang. Ini saja dengan tidak ada werengnya,” tambahnya.

Ia menuturkan, melihat keberhasilan tersebut berarti serangan hama wereng telah dapat diatasi.

Gubernur menjelaskan saat ini tinggal menunggu hasil panen padi varietas ini yang rencananya dilaksanakan pada akhir Agustus 2011.

Meski telah berhasil mengendalikan serangan wereng, ia tetap meminta para petani agar melakukan alih tanam dari padi ke palawija, sebagai upaya lanjutan pengendalian.

“Sirkulasi tanam ini tetap harus dilakukan, terutama memasuki musim kemarau seperti saat ini,” lanjutnya.

Sebelumnya, uji coba padi varietas unggulan tahan hama Inpari 13 dilaksanakan serentak pada Mei 2011 di area persawahan seluas 800 hektare di Desa Polan, Kecamatan Polanharjo, Kabupaten Klaten.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian Jateng, Aris Budiono mengatakan, upaya pendukung dalam menghadapi serangan hama pada varietas padi tahan wereng ini juga melalui antisipasi dini.

“Setiap diketahui ada serangan di satu bidang, langsung dilakukan spot stop untuk mengantisipasi penyebarannya,” imbuhnya.

(Antara/nad)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya