Tutup Iklan
Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa. (Antara-Fiqih Arfani)

Solopos.com, SURABAYA -- Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, siap menjadi tuan rumah silaturahim bersama Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Gubernur Papua Lukas Enembe dan Gubernur Papua Barat Dominggus Mandacan untuk menyelesaikan persoalan Papua.

“Jikalau berkenan digelar di Jatim, tentu kami akan bersuka cita menerimanya,” ujar Khofifah kepada wartawan seusai menggelar pertemuan dengan Ikatan Keluarga Besar Papua Surabaya (IKBPS) di kediaman dinas Kapolda Jatim di Surabaya, Senin (19/8/2019) malam, seperti diberitakan Antara.

Pertemuan tersebut, menurut dia, akan menghasilkan solusi sekaligus ajang silaturahim warga Papua yang ada di Jawa Timur, khususnya Surabaya dan Malang.

“Tapi, kami tetap mengikuti arahan Pak Mendagri nantinya seperti apa,” ucap orang nomor satu di Pemprov Jatim tersebut.

Khofifah juga menyampaikan upaya yang harus dilakukan untuk menjaga persatuan dan kesatuan bangsa. Pertama, kata dia, saling membangun pemahaman karena dirasa sangat penting supaya tidak mudah menerima informasi atau berita yang sifatnya hoaks sehingga harus dilakukan klarifikasi maupun verifikasi.

“Semua akan terbangun kalau sering ketemu,” kata mantan menteri sosial tersebut.

Kedua, lanjut dia, memunculkan rasa saling percaya dan tidak mudah terpancing. Ketiga, menumbuhkan sikap respek atau saling menghormati. “Jadi, ketiganya harus selalu dibangun, yaitu dengan saling memahami, saling percaya, dan saling menghormati,” tuturnya.

Tulis Komentar Anda

Berita Terkait

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten