Tutup Iklan -->
Gubernur Jatim Minta Daerah Lain Contoh Kabupaten Madiun Soal Pencairan Dana Desa
Gubernur Jatim, Khofifah Indar Parawansa, melihat lokasi yang akan digunakan untuk pusat kerajinan yang memanfaatkan dana desa di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Senin (2/3/2020). (Abdul Jalil/Madiunpos.com)

Solopos.com, MADIUN — Gubernur Jawa Timur, Khofifah Indar Parawansa, meminta daerah lain mencontoh Kabupaten Madiun dalam hal pencairan dana desa. Pasalnya, Kabupaten Madiun menjadi yang tercepat di Jatim dalam pencairan dana desa tahap I 2020, yakni pada Januari.

“Kabupaten Madiun adalah satu-satunya kabupaten di Indonesia yang sudah bisa menyelesaikan tahap I pencairan pada 30 Januari. Kemudian kita meminta best practice Kabupaten Madiun dalam pencairan dana desa ini saat rapat koordinasi para bupati dan camat,” kata Gubernur saat mengunjungi pusat pertokoan yang menjadi hasil pemanfaatan dana desa di Desa Sidomulyo, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Madiun, Senin (2/3/2020).

Gubernur menjelaskan percepataan pencairan dana desa ini selalu menjadi permasalahan yang kerap disinggung oleh Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian. Presiden meminta supaya pencairan dana desa dipercepat dan penerapan skema cash for work dalam pemanfaatannya. Ini merupakan skema dalam bentuk kegiatan padat karya dengan memberikan upah langsung tunai kepada tenaga kerja yang terlibat.

Gubernur Jatim Tinjau Jalan Ambles di Jember, Minta 21 Ruko Lain Dirobohkan

“Jadi, dana desa tahap I yaitu untuk infrastruktur padat karya tunai,” jelas Khofifah.

Pagu dana desa untuk seluruh desa di Jawa Timur pada 2020 yaitu senilai Rp7,65 triliun. Anggaran itu untuk dana desa bagi 7.700 desa se-Jatim. Untuk saat ini, dana desa tahap pertama di Jatim sudah cair sebanyak Rp3 triliun.

“Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi juga akan mengadopsi proses yang dilakukan Pemkab Madiun untuk percepatan pencairan dana desa. Di situlah akhirnya perencanaan pembangunan desa ala Pemkab Madiun akan dijadikan referensi secara nasional,” jelasnya.

Ini Tujuh RS Pemerintah di Jatim Rujukan Virus Corona

Penggunaan dana desa harus bersifat padat karya. Jadi skema cash for work yang telah dilakukan Pemkab Madiun ini sebagai best practice yang perlu ditiru oleh kabupaten lain.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho