SOLOPOS.COM - Fikri Muhammad Yusuf, santri Pondok Pesantren Mahat Ali, Balekambang, Kabupaten Jepara menunjukkan jam tangan pemberian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Antara/Wisnu Adhi N.)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo merelakan jam tangannya sebagai hadiah untuk seorang santri Pondok Pesantren Mahat Ali, Jepara. Ini sebabnya…

Semarangpos.com, JPARA — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo merelakan jam tangannya sebagai hadiah untuk salah seorang santri Pondok Pesantren Mahat Ali, Balekambang, Kabupaten Jepara, Sabtu (26/8/2017). Santri itu dianggapnya dapat menjawab pertanyaan terkait dengan upaya memerangi radikalisme.

Promosi BI Rate Naik, BRI Tetap Optimistis Penyaluran Kredit Tumbuh Double Digit

Orang nomor satu di Provinsi Jateng itu terlihat melepas sendiri jam tangan merek Garmin yang dipakai di pergelangan tangan kiri dan diberikan ke santri bernama Fikri Muhammad Yusuf. Sebelumnya, Ganjar bertanya kepada Yusuf bagaimana caranya santri seperti dirinya melawan berkembangnya ujaran kebencian dan ajakan ikut gerakan radikal yang merebak di berbagai media sosial.

“Pertama-tama sebelum berbuat saya akan mengucapkan Bismillah, yang kedua saya akan meminta masukan pada para sesepuh dan Pak Ganjar,” katanya yang langsung disambut gelak tawa para hadirin.

Setelah berpikir sejenak, mahasiswa Jurusan Hadist itu kemudian mengatakan ingin belajar menjadi peretas. “Dengan menjadi hacker, saya akan gunakan melawan dan menghancurkan situs dan akun penyebar berita hoax dan radikalisme,” ujarnya.

Yusuf juga mengaku akan menggalang teman-temannya menjadi pasukan penyebar ujaran kebaikan dan sopan di dunia maya. Mendengar jawaban tersebut, Ganjar mengacungi jempol dan meminta Yusuf benar-benar melakukan apa yang diucapkannya itu.

“Kawan-kawannya diajak, orang-orang baik tidak boleh diam melihat keburukan, ya wes [ya sudah] ini tak [saya] kasih jam, pas enggak bawa hadiah, ya sudah ini saja,” kata Ganjar Pranowo. Mengetahui dirinya mendapat hadiah jam tangan dari Gubernur Jateng itu, Yusuf langsung bersorak kegirangan yang kemudian diikuti sorakan dari ribuan santri yang memadati Masjid Ponpes Balekambang.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya