SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyatakan kesiapan mendukung realisasi pembangunan light rail transit (LRT) yang saat ini sudah memasuki pembahasan pembiayaan dengan pemerintah pusat. Selain kemungkinan dibiayai pemerintah pusat, dibuka pula kemungkinan pembiayaan dari investor.

“Sudah dilakukan pembicaraan pembiayaannya dengan pemerintah pusat karena ada beberapa mekanisme yang akan dilakukan, bisa dari pusat pembiayaannya atau dari investor,”  katanya di Kota Semarang, Jateng, Jumat (5/4/2019).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ganjar menyebutkan pembangunan LRT sebagai bentuk pengembangan transportasi massal di provinsi Jateng. “Bahkan tinggal realisasi, tepatnya di Kota Semarang. Pak Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi sudah menyiapkan itu sejak lama, maketnya juga sudah dikeluarkan,” ujarnya.

Pembicaraan terkait dengan pembangunan LRT di Kota Semarang, lanjut Ganjar, sudah lama dilakukan, bahkan dirinya sangat mendukung program itu karena Ibukota Provinsi Jateng itu memang sangat membutuhkan transportasi massal. “Pak Wali sudah bicara dengan saya, minta dukungan. Saya dukung penuh karena Semarang memang sudah perlu,” katanya.

Kendati demikian, politikus PDI Perjuangan itu berpendapat bahwa yang sangat mendesak saat ini adalah pembangunan LRT yang menghubungkan Kota Solo dan Daerah Istimewa Yogyakarta. “Kalau mau dibuat, sebenarnya Solo-Jogja itu penting agar nyambung,” ujarnya.

Namun secara keseluruhan, Ganjar mengatakan siap mendukung penuh jika ada program pembangunan LRT dari pemerintah pusat di Provinsi Jateng karena LRT merupakan salah satu program unggulan transportasi umum. “Kalau ada di Jateng ya bagus, kami sangat setuju karena kita mesti mengembangkan transportasi massal. Banyak negara maju, transportasi bukan pribadi, kita saja yang pribadi, kalau ndak punya mobil diejek, padahal itu yang menyebabkan pencemaran tinggi, kemacetan luar biasa. Kalau transportasi umumnya bagus, pasti luar biasa,” katanya.

Rencananya, LRT tersebut akan dibangun di Kota Semarang dengan rute Bandara Internasional Jenderal Ahmad Yani menuju kawasan Tugu Muda. Direktur Keselamatan Dirjen Perkeretaapian Kemenhub Edi Nursalam  di Kota Semarang tahun lalu mengatakan jika proyek LRT di Kota Semarang masih dalam tahap kajian.

“LRT Semarang masih tahap kajian. Memang terkendala pendanaan, rutenya sudah siap, studi dan DED sudah, tinggal investornya siapa?” kata Edi saat itu.

Sementara itu, Wali Kota Semarang Hendrar Prihadi mengatakan jika pembangunan LRT Semarang memiliki nilai investasi sebesar Rp200 miliar per kilometer. “Nantinya, skema biayanya dengan kerja sama pemerintah dan badan usaha [KPBU],” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya