SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (JIBI/Solopos/Dok.)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo dinilai mantan Gubernur Ali Mufiz telah melaksanakan pemerintahan sebagaimana mestinya.

Semarangpos.com, SEMARANG – Mantan Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ali Mufiz  menilai pemerintahan Gubernur Ganjar Pranowo sudah di jalan yang benar atau on the right track.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Pak Ganjar sudah on the right track. Komunikasinya sudah blak-blakan membuat orang terkaget-kaget karena pakemnya beda dari pejabat sebelumnya,” katanya saat menerima kunjungan silahturahmi Ganjar Pranowo di rumahnya, Jl. Ketileng Raya, Kota Semarang, Kamis (14/7/2016).

Dalam kunjungan itu, Ganjar didampingi istrinya, Siti Atikoh, Wakil Gubernur Jateng Heru Sudjatmoko, dan Sekretaris Daerah (Sekda) Pemprov Jateng Sri Puryono. Ali Mufiz dalam kesempatan itu memberikan pesan kepada Ganjar Pranowo agar tidak terlalu rapat menyembunyikan persoalan pemerintahan.

“Kalau persoalan disembunyikan secara rapat, dikhawatirkan akan ada penumpang gelap yang memanfaatkan situasi tersebut,” ujar mantan Gubernur Jateng periode 2007-2008 ini.

Menurut Ali Mufiz,  kesuksesan seorang pemimpin dipengaruhi tiga relasi, yakni relasi dengan legislatif, tokoh masyarakat dan agama, serta sosial. Ketiga relasi tersebut, sambung dia, harus benar-benar dijaga agar kuat. Dengan demikian, tuturnya lebih lanjut, untuk mewujudkan kesejahteraan masyarakat bukan hal yang sulit.

“Bila tiga relasi ini bisa dikembangkan, maka dapat mendukung program gubernur sangat banyak dan membutuhkan dukungan dana cukup besar,” tandasnya.

Dia menambahkan, dalam menjalankan amanah melayani masyarakat, Gubernur Ganjar Pranowo agar melakukan dengan penuh keikhlasan, karena akan dapat membuat membuat tugas terasa ringan. “Keikhlasan dalam melayani masyarakat itu salah kunci keberhasilan,” imbuhnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo menyatakan kunjungan ke rumah mantan Gubernua Jateng Ali Mufiz itu adalah dalam rangka silahturahim, karena pada hari Idulfitri 1437 H lalu, dirinya belum sempat ketemu.  “Kami sependapat dengan Pak Ali Mufiz agar ikhlas dalam menjalan tugas demi kepentingan masyarakat,” ujar Ganjar.

Ganjar menambahkan semua kebijakan yang diambil bersama Wakil Gubernur Heru Sudjatmoko dilakukan secara transparan agar publik bisa menilai. Selain ke rumah Ali Mufiz, dalam suasaana Lebaran 2016, Ganjar juga melakukan kunjungan silahturahmi ke rumah mantan wakil gubernur (wagub) Ahmad, Suparto, dan Susmono. Rombongan Ganjar itu juga berkunjung ke rumah keluarga mantan Gubernur Jateng Soewardi dan mantan Gubernur Jateng Ismail, Ketua Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jateng K.H. Ahmad Daroji, ulama Nahlatul Ulama (NU) K.H. Haris Shodaqoh, dan tokoh Muhammadiyah Abu Suud.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya