Tutup Iklan

Gubernur Jateng Ajak Anak Panti Asuhan Lomba Makan Kerupuk

 Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

SOLOPOS.COM - Solopos Digital Media - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Salah satu lomba paling populer di kalangan masyarakat Indonesia dalam memeriahkan HUT ke-74 RI adalah lomba makan kerupuk. Hampir di setiap daerah, lomba adu cepat makan kerupuk dengan cara digantungkan dengan tali itu digelar.

Gubernur Jawa  Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, pun tak mau ketinggalan memeriahkan HUT ke-74 Kemerdekaan RI itu dengan cara yang sama. Ia mengikuti lomba makan kerupuk dengan para anak-anak yatim piatu di Panti Asuhan Yatim Piatu Pahlawan Gatot Subroto di Jl. Sultan Agung, Kota Semarang, Minggu (18/8/2019) pagi.

Seusai bersepeda berkeliling Kota Semarang, Ganjar bersama istri dan rombongan Women’s Cycling Community (WCC), berkunjung ke panti asuhan itu untuk menggelar lomba makan kerupuk dengan sistem katrol.

Disebut sistem katrol karena jempol peserta harus diikat dengan kerupuk. Peserta pun harus mengangkat kaki yang terikat dengan tali agar kerupuk bisa dijangkau.

Meski terkesan sulit, Ganjar mampu menyelesaikan lomba itu dengan sempurna. Orang nomor satu dalam jajaran Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng itu bahkan bisa mengalahkan lawan-lawannya, termasuk sang istri, Siti Atikoh.

“Pemenangnya adalah Bapak Ganjar Pranowo,” kata wasit disambut tepuk tangan.

Di panti asuhan yang didirikan Jendral TNI Gatot Subroto pada 20 Mei 1964 dan menampung 22 anak itu, Ganjar dan WCC tidak hanya menggelar lomba makan kerupuk. Rombongan Gubernur Jateng juga menggelar lomba ’17-an’lainnya seperti, memasukkan pensil ke dalam botol dan estafet tepung dengan piring.

Mereka juga menyerahkan bantuan berupa sembako, alat tulis, peralatan mandi, kaos, gembes atau tumbler, serta mengajak penghuni panti asuhan sarapan nasi kuning bersama.

Ganjar pun mengingatkan kepada anggota WCC maupun anak-anak panti asuhan dengan mengutip kata-kata Gus Dur, “Ketika kita menolong orang, orang tidak akan bertanya apa agamamu, apa sukumu. Sehingga, pada masa setelah kemerdekaan ini, kita tidak perlu lagi mempersoalkan atau membedakan suku, agama ataupun ras. Saling menghormati, menghargai satu sama lain, akan menciptakan hidup yang sejuk dan damai.”

“Begitu pula, anak-anakku sekalian. Hormati para pengasuh disini sebagai orang tua kalian,” ujar Ganjar.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya


Berita Terkait

Espos Premium

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

#Bangkit Bersama: Dari Solo untuk Indonesia

Beda dengan tahun lalu, saat perjalanan bisnisnya gelagepan. Seperti terkena virus corona bergejala berat. Kesulitan bernapas, seperti orang berenang mau tenggelam. Tapi tahun ini ceritanya lain.

Berita Terkini

Paling Rentan, Ada 2 Pasien Tuberkulosis-HIV di Wonogiri

Pasien TB-HIV bisa ditangani di Perawatan Dukungan Pengobatan (PDP) melalui 13 puskesmas dan empat rumah sakit di Wonogiri.

UMK Naik Tipis, Ibu Buruh Pabrik di Solo Rela Nyambi Bersihkan Makam

Seorang ibu yang juga buruh pabrik di Solo harus memutar otak supaya penghasilan selama sebulan cukup untuk menutup kebutuhan sehari-hari, salah satunya rela membersihkan makan demi dapat penghasilan tambahan.

Belum Vaksinasi, Sejumlah ODHA di Wonogiri Tak Siap Ditanya Petugas

Sejumlah ODHA yang belum divaksinasi disebabkan belum siap menyampaikan riwayat penyakitnya kepada petugas.

Selamatkan Produksi Kakao, Indonesia Perlu Kemitraan & Industri Kreatif

Pola kemitraan dan penumbuhan industri kreatif olahan biji kakao berpotensi menyelamatkan produksi kakao Indonesia.

Kreatif! PKK Klaten Bikin Video untuk Kampanyekan Vaksin

Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) Kabupaten Klaten membuat video kreatif untuk mengedukasi warga terkait pentingnya vaksin.

Perhatikan 5 Kriteria Ini Harus Ada pada Perawat Orang Lansia

Mencari perawat yang cocok dan tepat untuk orang lansia memang tidak selalu mudah.

Seruduk Truk Tronton Parkir di Jalan Solo-Sragen, Bodi Truk Ini Ringsek

Sebuah truk ringsek setelah menyeruduk truk tronton boks yang parkir di jalan Solo-Sragen, tepatnya di depan Warung You Sri, Dukuh Nguwer RT 017, Desa Duyungan, Sidoharjo, Sragen.

Lirik Lagu Ungkapan Hati - Aurel Hermansyah

Berikut ini lirik lagu Ungkapan Hati dari Aurel Hermansyah, yang telah tayang pada Minggu, 21 November 2021 di Youtube.

Hari Ini Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik Boyolali Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Boyolali hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Ada Pemeliharaan Jaringan, Listrik di Sragen Padam 3 Jam

Berikut ini jadwal pemadaman dan pemeliharaan listrik oleh PLN di Sragen hari Kamis, 2 Desember 2021 yang berlangsung tiga jam.

Harta Karun Ribuan Koin Perak Kuno Ditemukan di Sungai Jerman

Tumpukan 5.600 koin perak dari Kekaisaran Romawi yang diperkirakan berusia hampir 2.000 tahun telah ditemukan di Jerman.

Aplikasi SIRUP Dongkrak Lelang Pengadaan Barang dan Jasa Sukoharjo

Sebanyak 93 persen paket pengadaan barang dan jasa Pemkab Sukoharjo sudah terlelang berkat aplikasi Sistem Informasi Rencana Umum Pengadaan atau SIRUP.

Bekuk Watford, Chelsea Tetap Puncaki Klasemen Liga Inggris

Chelsea sukses mempertahankan posisi puncak klasemen sementara Liga Premier Inggris setelah mengalahkan Watford.

Hasil Liga Inggris: Liverpool Gasak Everton 4-1

Liverpool sukses melumat sang tetangga, Everton, pada pekan ke-14 Liga Premier Inggris.

Jumlah Harian Cetak Rekor, Korsel Laporkan Lima Kasus Varian Omicron

Korea Selatan (Korsel) melaporkan lima kasus pertama virus corona varian Omicron. Hal itu diungkap Badan Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Korea (KCDA).