SOLOPOS.COM - Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (Facebook.com-Ganjar Pranowo)

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo menyatakan keyakinannya bahwa koperasi bakal mampu mengentaskan kemiskinan.

Semarangpos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo mengemukakan keyakinannya bahwa koperasi merupakan media yang tepat untuk mengentaskan kemiskinan karena merupakan saka guru ekonomi masyarakat.

Promosi BRI Group Berangkatkan 12.173 Orang Mudik Asyik Bersama BUMN 2024

“Melalui koperasi kita bisa berdikari di bidang ekonomi,” katanya pada Rapat Koordinasi Daerah Bersama Dinas yang Membidangi Koperasi dan UMKM se-Jawa Tengah di Semarang Town Square Semarang, Senin (13/2/2017).

Melihat jumlah penduduk Indonesia yang mencapai ratusan juta jiwa, pihaknya berharap koperasi tidak hanya memiliki 50-100 anggota tetapi bisa mencapai ribuan bahkan jutaan anggota. Mengingat koperasi yang bersifat eksklusif karena dari, oleh, dan untuk anggota, Ganjar mengatakan seharusnya koperasi memberikan keuntungan yang lebih besar kepada para anggota.

“Melalui koperasi ini para anggota bisa bergerak bersama untuk memenuhi kebutuhan seluruh anggota. Ini dapat mengentaskan kemiskinan,” katanya.

Ganjar mengatakan perkembangan koperasi saat ini harus terus didorong, termasuk jika harus melibatkan pihak ketiga. Dia mengatakan saat ini bukan lagi saatnya semua hal harus bergantung dengan APBN maupun APBD.

“Bisa melibatkan perguruan tinggi, LSM atau pihak-pihak yang peduli. Zaman sekarang harus berani menerobos ke luar. Ini inovasi dalam ‘leadership’,” katanya sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara.

Pihaknya juga menyambut baik rencana Dinas Koperasi dan UKM yang akan menggunakan fasilitas media sosial untuk mengeksplorasi potensi koperasi di Jawa Tengah. “Sebagai contoh, kalau bicara koperasi dari sektor riil, produk ini bisa dijual atau tidak, enak atau tidak, berkualitas atau tidak. Kalau bagus ya go. Kita bisa memanfaatkan koperasi ini,” katanya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya