Gubernur Ganjar Pranowo Kenang Ibu Presiden Jokowi Sebagai Teladan Kerendahan Hati
Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. (Antara-Aditya Ramadhan)

Solopos.com, SOLO -- Gubernur Jateng Ganjar Pranowo turut berduka cita atas wafatnya ibu Presiden Joko Widodo (Jokowi), Sudjiatmi Notomiharjo, Rabu (25/3/2020) sore.

Kepada wartawan yang menemuinya di Semarang sesaat sebelum berangkat ke Solo, Rabu, Ganjar mendoakan agar ibunda Presiden Jokowi itu husnul khatimah.

Resmi Diperpanjang, Pelajar di Jateng Belajar di Rumah hingga 13 April

Ganjar mengaku memiliki cukup banyak kenangan yang memberinya pelajaran hidup dari Sudjiatmi. Bu Noto, demikian Ganjar biasa menyapanya, memberikan pelajaran berharga yakni tentang kerendahan hati.

Ganjar mengenal Sudjiatmi saat Presiden Jokowi masih menjadi Wali Kota Solo. "Beliau itu orangnya grapyak semanak, sering hadir di forum-forum atau acara pengajian dan berbaur dengan masyarakat," ujar Ganjar.

Kaum Boro Wonogiri Mudik ke Kampung Halaman di Tengah Isu Corona

Ganjar Pranowo ingat saat dirinya hendak maju sebagai Gubernur Jateng untuk periode pertama tahun 2013. Saat itu, Ganjar menghadiri salah satu acara pengajian.

Sifat Merakyat

Dia tidak tahu di situ juga ada Sudjiatmi yang mengikuti pengajian dan membaur bersama masyarakat. "Baru saat pengajian berakhir saya diberi tahu bahwa Bu Noto ada di situ.

Meninggal Sepulang Prancis, Jasad Warga Jebres Solo Diperlakukan Seperti Jenazah Covid-19

Karakter Sudjiatmi yang merakyat itulah yang membuat Ganjar menilai Sudjiatmi sebagai ibu yang luar biasa dan selalu rendah hati. "Terlihat betul seperti halnya Pak Jokowi. Meski punya anak yang menjadi Presiden, beliau masih berkeliling, bertemu tetangga kiri-kanan," kata Ganjar.

Ganjar juga menilai Sudjiatmi memberikan teladan bahwa jabatan itu adalah hal yang biasa, bahwa meski punya mestinya hal itu tidak mengubah interaksi sosial dengan masyarakat.

Hadiri Ngunduh Mantu di Grobogan, Rombongan dari Sragen Dipulangkan

Sebagaimana diberitakan, ibunda Presiden Joko Widodo, Sudjiatmo Notomiharjo, meninggal dunia di RS DKT Slamet Riyadi, Solo, Rabu (25/3/2020) pukul 16.45 WIB. Sudjiatmi meninggal dunia di usia 77 tahun.

Informasi yang diterima Solopos.com, Presiden Jokowi telah tiba di RS DKT Slamet Riyadi Solo pukul 17.52 WIB. Belum ada informasi remi dari keluarga kapan nenek buyut Jan Ethes Srinarendra itu akan dimakamkan.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

SOLOPOS TV



Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho