Gubernur Ganjar Ajak Kepala Daerah di Jateng Borong Hasil Petani

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, mengajak kepala daerah memborong hasil bumi petani yang harga di pasaran anjlok.

 Ilustrasi hasil pertanian petani Jateng. (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi hasil pertanian petani Jateng. (JIBI/Solopos/Antara/Aditya Pradana Putra)

Solopos.com, SEMARANG — Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo, mengajak seluruh kepala daerah di Jateng untuk beramai-ramai membeli hasil bumi atau panen petani yang harganya anjlok di pasaran belakangan ini.

Hal itu disampaikan Ganjar saat memimpin Rapat Koordinasi Forkopimda se-Jateng di Gradhika Bhakti Praja, Kota Semarang, Senin (3/10/2022). Ganjar ingin para pejabat daerah membeli produk pertanian berupa kol, tomat, maupun sawi yang saat ini harga di pasaran tengah turun. Hal itu dilakukan guna mendongkrak moral petani lokal yang terimbas fluktuasi harga.

PromosiTokopedia Card Jadi Kartu Kredit Terbaik Versi The Asian Banker Awards 2022

“Jadi kalau harga di pasaran Rp500 per kilogram [kg] dan petani berharap harga Rp2.000 per kg, kita beli yuk!. Kita makan sendiri atau sumbang ke panti asuhan, pondok pesantren, atau markas TNI yang setiap hari membutuhkan bahan,” ujar Ganjar.

Rakor Forkopimda se-Jateng yang digelar di kompleks Kantor Pemprov Jateng itu mengambil tema Memelihara Stabilitas Keamanan Jawa Tengah Dalam Penanganan Dampak Kenaikan BBM dan Isu-isu Strategis. Dalam kesempatan itu, Ganjar juga meminta kepala daerah untuk terus memantau dan melakukan stabilisasi di semua sektor guna menghindari kenaikan harga.

“Ada dua cara, satu lewat operasi pasar dua lewat intervensi kita. Dana tak terduga bisa kita alokasikan untuk subsidi tranportasi atau subsidi harga,” lanjut Ganjar.

Baca juga: Pimpin Rapat Forkopimda, Ganjar Kirim Doa Korban Tragedi Kanjuruhan

Gubernur Ganjar juga menyoroti masukan soal adanya nelayan di Kabupaten Kendal yang tidak berlayar, namun masih menggunakan haknya membeli solar subsidi. Solar itu kemudian dijual kembali oleh nelayan itu.

“Makanya kita minta agar diawasi oleh kepolisian. 24 jam kita minta untuk mengawal. Pertamina juga kami minta agar semua CCTV hidup terus, maka tidak terjadi kecurangan,” ungkap Ganjar.

Mahasiswa

Ganjar mengimbau para kepala daerah untuk mengajak dialog semua komponen masyarakat, termasuk melibatkan peran mahasiswa guna mendampingi penyaluran bantuan sosial berupa bantuan langsung tunai (BLT).

Baca juga: Nasdem Resmi Usung Anies Capres, Begini Reaksi Ganjar Pranowo

“Biasanya mahasiswakan punya sistem kritis. Tentu akan muncul imbas-imbas dari kenaikan BBM maka kita perlu berdialog dengan masyarakat agar mereka dapat informasi yang baik. Dan jangan sampai ada yang menyalahgunakan [BLT] ini. Ini yang kita mintakan ke kawan-kawan di kabupaten/kota,” jelas Ganjar.

Sementara itu dikutip laman Badan Pusat Statistik (BPS) Jateng, inflasi di Jateng pada bulan September 2022 mencapai 1,19 persen. Inflasi yang terjadi di September itu merupakan yang tertinggi di tahun 2022.

Inflasi itu disebabkan kenaikan harga sejumlah kebutuhan pokok seperti bahan bakar minyak (BBM), beras, hingga tarif transportasi umum. Sementara penahan laju inflasi antara lain tiket pesawat, harga bawang merah yang turun, daging ayam, hingga perhiasan emas.

 

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Tabrak Trotoar, Pengendara Motor Meninggal Terlindas Minibus di Semarang

      Peristiwa kecelakaan maut terjadi di Jalan Teuku Umar, Jatingaleh Semarang, yang melibatkan seorang pengendara sepeda motor dengan minibus.

      Ayo Party Tahun Baruan di Hotel Dekat Pantai Bandengan Jepara, Dijamin Pecah!

      Bakal ada party pergantian tahun di Hotel d'Season Premiere Jepara yang lokasinya dekat dengan Pantai Bandengan.

      Pj Wali Kota Salatiga: Hasil Korupsi Bukan Rezeki

      Jangan terima yang bukan menjadi haknya. Ingat hasil korupsi itu bukan rezeki

      Kaget! Hendak Salat Jumat, Warga Semarang Temukan Mayat di Depan Rumah

      Penemuan mayat pria tanpa identitas terjadi di Jalan MH Thamrin, Kota Semarang, Jumat (9/12/2022).

      Lewat Flashmob, Cara Dispangtan Salatiga Sosialisasikan Kenyang Tak Harus Nasi

      Kepala Dispangtan Kota Salatiga Henny Mulyani mengaku tujuan flashmob sebagai bentuk edukasi dan publikasi bahwa kenyang tidak harus makan nasi.

      Pemkot Salatiga Raih 2 Penghargaan di Akhir 2022, Ini Daftarnya

      Government Entrepreneurial Marketing Awards merupakan sebuah bentuk apresiasi yang diharapkan dapat membantu memperkenalkan inovasi, kreativitas, interpretasi dan benefit yang telah dilakukan oleh Pemerintah Daerah, baik provinsi maupun kabupaten/kota di Indonesia

      Terekam CCTV, Siswa SMK di Semarang Serang Sekolah Lain dengan Sajam

      Sebanyak empat siswa SMK Negeri 10 Semarang ditangkap lantaran melakukan penyerangan atau memicu tawuran dengan menggunakan senjata tajam kepada siswa SMKN 3 Semarang.

      Drama My Superhero Tomato SD Kristen Satya Wacana Ingatkan Pola Hidup Sehat

      My Superhero Tomato bercerita tentang perjuangan untuk hidup sehat. Beraneka jenisnya makanan, jika tidak diimbangi pola hidup sehat akan menjadi sumber penyakit.

      Berenang di Sungai Bogowonto, Seorang Lansia Purworejo Hanyut

      Seorang warga lanjut usia (lansia) dilaporkan hanyut dan tenggelam saat berenang di Sungai Bogowonto, Purworejo.

      Wuiihhh Keren! Peralatan Makan dari Kayu Buatan Jepara Tembus Pasar Dubai

      Peralatan makan berbahan kayu buatan perajin asal Jepara yang mampu tembus pasar Timur Tengah atau Dubai dipamerkan di Kota Semarang.

      Program Matching Fund, Dosen UKSW Ciptakan Aplikasi eRumputTernak

      program matching fund ini dilaksanakan melihat masalah yang dihadapi usaha perternakan, antara lain jumlah produk belum mampu memenuhi kebutuhan pasar dan pelangan, terbatasnya lahan produksi, serta harga bahan baku complete feed cukup mahal.

      Si Baja, Animasi Belajar Budaya Jawa Karya ISI Jogja Dikenalkan di Salatiga

      Film animasi Si Baja mendapat dukungan Program Matching Found Vokasi Kedaireka Kemendikbudristek.

      Simak! Ini Skenario Rekayasa Lalu Lintas saat Pernikahan Kaesang-Erina

      Begini rekayasa lalu lintas yang disusun Polda DIY saat pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Sleman, Yogyakarta.

      UMK Kota Semarang Tertinggi di Jateng, Begini Reaksi Buruh

      Serikat pekerja atau buruh yang tergabung dalam KSPN Jateng menilai kenaikan UMK di Kota Semarang tahun 2023 belum sesuai dengan kebutuhan hidup layak (KHL).

      Pasar Ngaliyan Kota Semarang Kebakaran, 10 Kios Hangus

      Kebakaran melanda Pasar Ngaliyan di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng), pada Kamis (8/12/2022) sore dan menghanguskan sejumlah kios.