SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Semarangpos.com, SEMARANG — Para nelayan Jawa Tengah diimbau segera mengurus izin penggunaan alat tangkap ikan jenis jaring cantrang. “Sampai saat ini masih banyak nelayan yang belum mengurus perpanjangan izin pasca-diperbolehkannya kembali kapal cantrang melaut di laut Jawa oleh Kementerian Kelautan dan Perikanan [KKP],” kata Gubernur Ganjar Pranowo di Kota Semarang, Jateng, Selasa (9/10/2018).

Menurut Gubernur Ganjar Pranowo, dengan mengurus perpanjangan izin penggunaan cantrang tersebut, maka para nelayan telah mengikuti peraturan yang berlaku sehingga ada perlindungan hukum. “Diikuti saja, yang penting sekarang bisa buat mencari makan. Soal nanti biar dipikir lebih lanjut,” ujar politikus PDI Perjuangan mantan anggota DPR itu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Jawa Tengah Lalu M. Syafriadi menambahkan pihaknya terus melakukan pendataan mengenai kapal-kapal yang berada di bawah tanggung jawab pemerintah provinsi. Ia mengungkapkan, izin kapal cantrang yang dikeluarkan oleh Pemprov Jateng tercatat sebanyak 1.223 kapal, namun setelah adanya perubahan kewenangan dan imbauan untuk melakukan pengukuran ulang, jumlah tersebut menjadi berubah dan lebih sedikit.

Ekspedisi Mudik 2024

“Dari hasil ukur ulang itu diketahui sebanyak 70% dari 1.223 izin yang kami keluarkan ternyata terjadi manipulasi ukuran kapal atau mark down oleh nelayan sehingga kami masih terus melakukan pendataan sampai saat ini,” katanya.

Selain adanya mark down tersebut, data jumlah izin yang diberikan juga terpengaruh dengan adanya perubahan kewenangan, misalnya ada kapal yang dahulu menjadi kewenangan kabupaten kini naik kelas dan berubah menjadi kewenangan pemerintah provinsi. Lalu berharap para nelayan cantrang untuk mematuhi persyaratan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan seperti tidak boleh ada penambahan cantrang, tidak boleh melebihi batas aturan melaut dan tidak melakukan mark down ukuran kapal.

“Kami juga terus menyosialisasikan kepada nelayan agar segera beralih alat tangkap ikan yang lebih ramah lingkungan,” ujarnya.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya