SOLOPOS.COM - FX Hadi Rudyatmo (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

FX Hadi Rudyatmo (JIBI/SOLOPOS/Agoes Rudianto)

SOLO – Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Bibit Waluyo, dipastikan hadir untuk melantik Wakil Walikota (Wawali) Solo, FX Hadi Rudyatmo (Rudy) menjadi walikota, Jumat (19/10/2012), di Graha Paripurna DPRD Solo. Sementara, pelantikan Rudy bakal dilangsungkan secara sederhana dengan nuansa adat Jawa.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Hal itu disampaikan, Wakil Ketua DPRD Solo, Supriyanto, Selasa (16/10/2012), setelah menerima informasi dari Sekretaris Dewan (Sekwan) yang ikut dalam salah satu tim yang melakukan koordinasi dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Tengah (Jateng), Selasa. “Berdasarkan informasi dari Sekwan, Pak Bibit positif hadir,” tegasnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Terkait ihwal acara tersebut, Supriyanto menerangkan lantaran keterbatasan tempat maka hanya 20 pejabat eselon II di lingkungan satuan kerja perangkat daerah (SKPD) Solo yang masuk ke dalam gedung. “Di bawah eselon II kami harap berada di luar gedung,” tambahnya. Terpisah, Ketua DPRD Solo, Sukasno, menjelaskan tidak ada tenda khusus untuk tamu nonundangan. Selain tidak adanya anggaran khusus untuk pelantikan, tidak adanya tenda tersebut juga permintaan dari Rudy. “Pak Rudy tidak ingin ada tarub, karena tidak ingin pelantikan terkesan mewah. Jadi halaman DPRD tetap terbuka,” terangnya.

Sukasno menambahkan saat pelantikan berlangsung gedung DPRD bakal disterilkan dari aktivitas parkir kendaraan. Dengan begitu halaman DPRD masih mampu menampung tamu nonundangan atau simpatisan yang berniat hadir. Diterangkannya, untuk sementara terdapat dua titik parkir guna menampung kendaraan 350 tamu undangan. Titik parkir tersebut berada di Gedung Purna Yudha dan halaman kantor PDAM Solo. Sukasno memastikan tidak ada penutupan atau pengalihan jalur di Jl Adisucipto di depan kantor DPRD Solo selama pelantikan Rudy berlangsung yang dimulai pukul 09.00 WIB.

Politisi PDIP tersebut menerangkan pelantikan bakal dilangsungkan dengan nuansa Jawa. “Berdasarkan koordinasi sementara, pelantikan Pak Rudy akan bernuansa Jawa. Nanti ada grup karawitan yang mengiringi acara. Saat prosesi dilakukan Pak Rudy saat memasuki tangga depan mengikuti tradisi Jawa,” terangnya. Meski demikian, saat pelantikan tersebut baik Rudy maupun tamu undangan bakal mengenakan busana formal, pasalnya sudah ada ketentuan terkait aturan tersebut.

Disinggung terkait grup kesenian yang akan memeriahkan pelantikan, Sukasno belum bisa memastikan. Namun, sudah ada sejumlah grup yang menyatakan sanggup memeriahkan pelantikan tanpa bayaran sepeser pun. Hanya saja, pihaknya harus selektif memilih grup yang akan tampil lantaran durasi acara yang terbatas. “Pukul 11.00 WIB acara harus selesai. Kami harus selektif untuk menentukan grup yang akan tampil agar selesai tepat waktu,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya