Gubernur Didesak Ambil Kebijakan Untuk Nasib 8 Siswa di Sragen

Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, diminta mengambil kebijakan untuk menentukan nasib delapan siswa yang namanya tiba-tiba hilang di daftar PPDB SMAN1 Gondang, Sragen.

 Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mencoba bangku belajar saat peresmian gedung SMA Negeri Tawangmangu, Karanganyar, Rabu (15/6/2022). (Istimewa/Humas Pemprov Jateng)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng Ganjar Pranowo mencoba bangku belajar saat peresmian gedung SMA Negeri Tawangmangu, Karanganyar, Rabu (15/6/2022). (Istimewa/Humas Pemprov Jateng)

Solopos.com, SRAGEN — Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, didesak segera mengambil kebijakan terkait nasib delapan calon siswa yang namanya hilang dari daftar Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) SMAN 1 Gondang, Sragen. Nama delapan siswa itu mendadak lenyap sebelum pengumuman PPDB yang akan dilakukan Senin (4/7/2022) malam ini.

Desakan itu disampaikan anggota DPRD Sragen, Bambang Samekto, saat ditemui wartawan di kediamannya di Gondang Baru, Gondang, Sragen, Senin siang. Dia menyampaikan situs PPDB SMAN 1 Gondang terindikasi rawan dibajak. Kasus hilangnya nama delapan siswa itu, kata dia, ulah pembajak alias hacker.

PromosiBorong Penghargaan, Tokopedia Jadi Marketplace Favorit UMKM

“Kasus seperti nama Monika dan Kayla itu mendadak hilang dari daftar PPDB di SMAN 1 Gondang. Seperti Kayla itu rumahnya dengan sekolah hanya berjarak 250 meter. Nama Kayla tiba-tiba pindah ke jalur prestasi dan kemudian hilang. Mohon ada kebijakan dari Pak Gubernur. Harus ada keputusan secepatnya dari Provinsi Jawa Tengah supaya delapan siswa itu bisa diterima di SMAN 1 Gondang,” ujar Bambang.

Angota Dewan dari Fraksi PDIP itu melihat adanya indikasi kejahatan dalam kasus itu. Polisi bisa msauk untuk mengungkapnya.

Baca Juga: Nama 8 Siswa di Sragen Tiba-Tiba Menghilang, Sekolah Lapor ke Provinsi

Dia menyebut alamat Internet protocol (IP) sudah ditemukan dan diketahui pelakunya menggunakan ponsel untuk mengakses akun delapan siswa tersebut. Bambang menilai nomor Imei dari ponsel itu seharusnya juga bisa dideteksi sehingga identitas penggunanya bisa diungkap.

“Untuk menjaga nama baik sekolah maka sekolah segera melapor sehingga tidak harus menunggu orang tua melapor ke polisi. Sekolah yang mengeluarkan akun dan password yang sama itu bisa menjadi celah untuk hacker. Mungkin si hacker ini untuk mengangkat keponakan, anak, atau yang bersangkutan sendiri agar diterima,” jelasnya.

Bambang memohon perhatian khusus dari Gubernur Ganjar untuk menyelamatkan nasib delapan siswa yang namanya hilang dari daftar PPDB 2022 itu. “Sekolah tidak berwenang mengambil kebijakan. Sekolah hanya bisa melaporkan ke lembaga di atasnya, yakni Cabang Disdikbud Wilayah VI Provinsi Jawa Tengah. Kebijakan itu wewenang provinsi,” katanya.

Baca Juga: Nama 8 Siswa Sragen Hilang, Panitia PPDB: Kode Pembajak dari Jatim

Dia menyebut alamat IP itu diawali dengan kode 114 dan diakhiri dengan kode anga 11. Dia mengatakan kode angka IP tersebut menurut informasi dari sekolah merupakan kode wilayah di Jawa Timur.

Ketua Tim Panitia PPDB SMAN 1 Gondang, Sragen, Hartono, menyampaikan PPDB itu akan diumumkan hari ini maksimal pukul 23.55 WIB. Hartono belum mengumumkan dan masih menunggu kebijakan dari Pemerintah Provinsi Jawa Tengah.

Dia berharap sebelum mengumumkan PPDB sudah ada kebijakan dari Pemprov Jateng. Dia menyampaikan kuota 324 kursi sudah terisi untuk sembilan kelas dengan rombongan belajar (rombel) sebanyak 36 siswa per kelas.

Baca Juga: Akun Calon Siswa SMAN 1 Gondang Sragen Dibajak, Kok Bisa?

“Harapannya, kebijakan yang diambil Provinsi agar delapan anak bisa diterima di SMAN 1 Gondang ini,” katanya.

Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini". Klik link https://t.me/soloposdotcom kemudian join/bergabung. Pastikan Anda sudah menginstall aplikasi Telegram di ponsel.

Solopos.com Berita Terkini

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      7.000-an Unit Rumah Subsidi akan Dibangun di Boyolali, Wilayah Mana?

      Di Boyolali akan dibangun lebih dari 7.000 rumah bersubsidi. Rumah tersebut akan tersebar di sejumlah kecamatan.

      The Alien Buka Konser Dream Theater Buka Konser di Stadion Manahan Solo

      Dream Theater membuka konser di area parkir Stadion Manahan Solo pada Rabu (10/8/2022) pukul 20.00 WIB dengan lagu berjudul The Alien.

      Ini Kisah Unik Joko Tingkir dan Perahu Peninggalannya di Sragen

      Makam Joko Tingkir menjadi salah satu tempat di Sragen yang banyak dikunjungi peziarah. Peninggalannya yang berupa bongkahan kayu bekas perahunya pun masih menjadi daya tarik pengunjung untuk datang.

      5 Desa Ini akan Dilintasi Pipa Transmisi Bendungan Pidekso Wonogiri

      Proyek pembangunan intake dan pipa transmisi air baku Bendungan Pidekso Wonogiri sudah dalam tahap pengerjaan fisik.

      Kreatif! Warga Ampel Boyolali Bikin Tulisan Penyemangat di Pagar

      Saat memasang umbul-umbul sudah sangat mainstream, warga RT 01/RW 07, Dusun Tumpak, Desa Sidomulyo, Kecamatan Ampel, Boyolali punya cara lain untuk menghiasi lingkungan mereka di momentum HUT ke-77 Kemerdekaan RI ini.

      Hasil Tangkapan Ikan di WGM Wonogiri Terus Menurun, Nelayan: Tak Lazim!

      Hingga pekan kedua Agustus 2022, ikan hasil tangkapan nelayan di Waduk Gajah Mungkur (WGM) Wonogiri masih minim.

      Lomba Lari Sangirun 2022 Bakal Beda dan Lebih Menarik, Catat Jadwalnya

      Kemendikbudristek menjanjikan ada yang beda pada lomba lari Sangirun 2022 ini. Selain itu jumlah pesertanya ditambah lebih dari dua kali lipat.

      Mentan Datang Lagi ke Gondangrejo Karanganyar

      Mentan Syahrul Yasin Limpo kembali mendatangi Desa Sejosari, Kecamatan Gondangrejo, Karanganyar untuk mengecek persiapan acara penanaman kelapa gajah besok Kamis (11/8/2022). Rencananya acara itu dihadiri Presiden Jokowi meski belum bisa dipastikan.

      Viaduk Gilingan Solo Diperbaiki, Warga Curhat Pusingnya Cari Jalan

      Rencana perbaikan viaduk Gilingan di Jl Ahmad Yani, Banjarsari, Solo, yang berdampak pada penutupan jalan membuat warga pusing mencari jalan alternatif.

      Ambrol Maret 2022, Jembatan Kadirejo Klaten Mulai Diperbaiki

      Jembatan Kadirejo, Kecamatan Karanganom, Klaten akhirnya mulai dibangun. Pembangunan ditargetkan rampung pada Desember 2022.

      Pembebasan Lahan Underpass Joglo Solo Rp400 Miliar, Apa Saja yang Kena?

      Anggaran pembebasan lahan untuk penataan kawasan dan underpass di Simpang Joglo, Solo, disiapkan senilai Rp400 miliar.

      Naga Baruklinting, Seni Rupa, dan Pelestarian Lingkungan

      Seni dan budaya—lebih khusus lagi pameran seni rupa—bisa diberdayakan untuk menggugah kembali kesadaran menjaga lingkungan demi kesinambungan kehidupan.

      2 Website Resmi Pemkab Boyolali Diretas, Ada Gambar Wanitanya

      Sejumlah situs atau website resmi Pemkab Boyolali diretas oleh pihak tak dikenal.

      Penonton Masuk Gate Konser Dream Theater di Solo, Begini Keramaiannya

      Para penonton antre dengan rapi memasuki area konser Dream Theater saat open gate di Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022).

      Waspada, Sudah 7 Kasus Kebakaran Terjadi di Sragen dalam 10 Hari

      Warga Sragen diimbau waspada bahaya kebakaran yang potensi nya cenderung meningkat saat kemarau tiba.

      Konser Dream Theater di Solo Pakai Listrik dari PLN, Lebih Murah Lho

      Konser Dream Theater di Stadion Manahan Solo, Rabu (10/8/2022), mendapat dukungan listrik andal dari PT PLN, bukan genset.