SOLOPOS.COM - Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengunjungi Pintu Air Manggarai, Jakarta Pusat, Minggu (21/2/2021). (Bisnis-Nyoman Ary Wahyudi)

Solopos.com, JAKARTA — Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengimbau warganya tak melulu berbelanja kebutuhan Lebaran 2021 di Pasar Tanah Abang. Alasannya, dia menerima laporan bahwa jumlah pengunjung di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Sabtu (1/5/2021), mencapai 87.000 orang.

Agar Pasar Tanah Abang tidak justru menjadi kluster penularan Covid-19, ia pun meminta masyarakat yang hendak berbelanja tak menumpuk di Pasar Tanah Abang semata. Menurutnya, ada banyak pasar atau pusat belanja lain di kawasan ibu kota Jakarta yang dapat memenuhi kebutuhan masyarakat.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Baca Juga: Begini Cara Download Video Youtube Tanpa Aplikasi...

"Bila mau berbelanja maka tentukan lokasi yang memang tidak penuh dan lebih longgar. Sehingga kita bisa bersama-sama mencegah kerumunan," tutur Anies di Pasar Tanah Abang, Jakarta Pusat, Minggu, (2/5/2021).

Anies menjelaskan jumlah pengunjung pada akhir pekan kemarin di Tanah Abang sangat jauh dari jumlah rata-rata pengunjung pada kondisi normal, yaitu 35.000 orang. Adapun hari ini pengunjung Pasar Tanah Abang jauh lebih banyak.

Kerahkan Aparat

Berdasarkan data sementara yang Anies sampaikan, hingga Minggu siang, ada sekitar 100.000 orang yang datang ke Pasar Tanah Abang. Sekitar 2.500 personel dari Kodam Jaya, Polda Metro Jaya, dan Satpol PP dikerahkan untuk mengawasi penerapan protokol kesehatan di Pasar Tanah Abang.

Pemerintah juga memberlakukan sistem buka tutup pintu gedung serta arus lalu lintas menuju Pasar Tanah Abang.

Baca Juga: Kata Fengsui Ada 5 Kesalahan Umum Penataan Rumah

Minggu siang, Anies bersama Pangdam Jaya Mayjen Dudung Abdurachman, Kapolda Metro Jaya Irjen Fadil Imran, serta PD Pasar Jaya menggelar rapat di lantai 12 Pasar Tanah Abang.

Sejumlah aturan pun diubah oleh anak buah Anies Baswedan dan berlaku mulai besok, seperti pembagian jam tutup pasar, penyetopan layanan KAI Commuter di Stasiun Tanah Abang pada pukul 15.00-19.00 WIB, serta larangan untuk berjualan di luar Gedung Pasar Tanah Abang.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya