Guardiola Bangga Bisa Runtuhkan Keangkeran Anfield, Allisson Terpukul
Josep Guardiola Sala. (Reuters)

Solopos.com, JAKARTA--Pep Guardiola mengaku bangga Manchester City akhirnya mampu mematahkan keangkeran Anfield setelah 18 tahun lamanya, seusai menang 4-1 atas Liverpool dalam lanjutan Liga Inggris, Minggu (7/2/2021) waktu setempat atau Senin (8/2/2021) WIB.

Hasil itu jadi kemenangan pertama City di Anfield, setelah terakhir kali mereka merasakannya pada 2003 silam. "Yang terpenting tetaplah tiga poin. Tetapi tentu saja saya bangga dengan para pemain yang mematahkan rekor buruk sekian lama, semoga saja kami bisa melakukannya lagi ketika tribun penonton terisi," kata Guardiola selepas laga dilansir Antaranews dari laman resmi City.

"Anfield tanpa penonton sungguh berbeda, sebab saya bisa membayangkan ketika mereka menyamakan kedudukan 1-1 dan bagaimana pengaruh suporter terhadap para pemain Liverpool saat itu," ujarnya menambahkan.

Baca Juga: Akhir PPKM Periode II, Positif Covid-19 Solo Tembus 8.751 Kasus

Setelah membuang eksekusi penalti di babak pertama, Ilkay Gundogan menebusnya dengan membawa City unggul empat menit memasuki babak kedua sebelum diimbangi oleh Liverpool melalui penalti Mohamed Salah.

Namun, dua blunder kiper Alisson Becker seperti durian runtuh yang dimanfaatkan Gundogan dan Raheem Sterling, sebelum Phil Foden menutup penampilan gemilangnya dengan gol indah pengunci kemenangan 4-1.

"Kami bereaksi sangat bagus, tak satu pun pemain kami menrunkan level permainan, mereka meningkat dengan karakter luar biasa. Raheem Sterling seperti musim lalu tampil gemilang, tetapi lebih fenomenal lagi," kata Guardiola.

"Komitmen para pemain yang ada di bangku cadangan juga terlihat ketika mereka menyemangati rekan-rekannya. Tiga poin penting dan saya sangat bersyukur, tetapi besok kami kembali menapaki bumi bersiap menghadapi Swansea," ujarnya.

Baca Juga: Ridho Rhoma Ditangkap Polisi, Gara-Gara Kasus Narkoba Lagi

Allison Terpukul

Di sisi lain, di kubu Liverpool terpuruk saat Alisson melakukan dua blunder dalam pertandingan itu. Alisson yang sudah terpukul tak bisa berbuat banyak ketika Phil Foden memperlihatkan aksi individual gemilang yang diakhir dengan sepakan tajam untuk mengunci kemenangan 4-1 bagi City.

"Saya berbicara dengannya beberapa detik lalu, tentu saja dia kecewa dan bilang 'Jangan hari ini, jangan hari ini," ujar Klopp selepas laga dilansir Antaranews dari laman resmi Liverpool.

"Lantas saya jawab, 'Ya, itu masalahnya dengan kesalahan, kamu tidak bisa menentukan kapan itu terjadi,'," ujarnya menambahkan.

Menurut Klopp, tidak ada yang bisa dilakukan Alisson selain belajar dari kesalahan tersebut dan ia yakin kiper tim nasional Brazil itu akan melakukannya agar hal serupa tidak terulang.

Baca Juga: Alisson Bikin Blunder Saat City Bantai Liverpool 4-1 Di Anfield

Kendati mengakui bahwa blunder itu terjadi di waktu yang tidak tepat, Klopp berusaha memberi pembelaan bahwa Alisson berkali-kali menjadi juru selamat Liverpool sejak diboyong dari AS Roma.

"Malam ini jelas sangat berpengaruh besar, tetapi itu OK, ia menyelamatkan kami entah berapa kali banyaknya," katanya.

"Dia kiper kelas dunia dan malam ini segalanya berlangsung salah dan kami harus menerima dan itu yang harus kami lakukan," ujar Klopp.

Hasil kontra City membuat Liverpool untuk pertama kalinya sejak September 1963 menelan tiga kekalahan beruntun di Anfield.

Baca Juga: Manchester United Lepas 3 Poin Saat Laga Lawan Everton Berakhir 3-3

Dengan koleksi 40 poin di peringkat keempat atau tertinggal 10 poin dari City yang menguasai puncak disertai satu simpanan laga tunda, Liverpool agaknya patut melupakan peluang mempertahankan gelar juara.

Kemenangan membuat City kian mantap di puncak dengan koleksi 50 poin unggul lima poin atas pesaing terdekat Manchester United, serta menjauh dari Liverpool sejarak 10 poin.

City selanjutnya akan menjamu Tottenham Hotspur di Etihad pada Sabtu (13/2/2021), tetapi tiga hari sebelumnya mereka akan lebih dulu menyambangi kandang tim strata kedua Swansea City untuk laga putaran kelima Piala FA.



Berita Terkini Lainnya








Kolom