SOLOPOS.COM - Presiden Soeharto. (Wikipedia)

Solopos.com, CILACAP — Provinsi Jawa Tengah memiliki sejumlah tempat wingit untuk bertapa dan melakukan berbagai ritual. Almarhum Presiden Soeharto pun memiliki tempat wingit yang dipakai untuk bertapa dan mencari wangsit sebelum akhirnya terpilih sebagai Kepala Negara Indonesia.

Hal tersebut diketahui berdasarkan artikel bertajuk Dari Gua Semar, Wangsit itu Berasal yang diterbitkan majalah Tempo 10 Februari 2008. Dalam artikel itu dijelaskan bahwa Soeharto memiliki 10 pertapaan.

Promosi Simak! 5 Tips Cerdas Sambut Mudik dan Lebaran Tahun Ini

Dimulai dari Gua Jambe Lima, Gua Hambe Pitu, Gua Jambe Puti, dan Gua Suci Rahayu di Gunung Selok, Cilacap, Jawa Tengah. Kemudian Gunung Srandil di Cilacap.

Ekspedisi Mudik 2024

Baca juga: Siapa Ki Semar Leluhur Tanah Jawa? Inikah Jawabannya?

Selanjutnya bergeser ke puncak Gunung Lawu, tempat moksanya raga Prabu Brawijaya. Di sana, Presiden Soeharto bertapa di empat tempat, yaitu Hargo Dalem, Hargo Dumilah, Hargo Puruso, dan Hargo Tiling/Dumiling. Kemudian bergeser ke gunung kecil di Kecamatan Bobotsari Purbalingga, Jawa Tengah. Dan berakhir di kawasan Dieng.

Dihimpun dari berbagai sumber, Selasa (18/1/2022) berbagai tempat tersebut memang dikenal sebagai pertapaan. Banyak orang yang sengaja datang ke sana untuk melakukan ritual ataun mencari wangsit agar hajat mereka terkabul. Seperti halnya dilakukan oleh almarhum Presiden Soeharto.

Baca juga: Petilasan Ki Semar di Gunung Srandil Jadi Tempat Pesugihan?

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya