SOLOPOS.COM - Timnas Belgia (Dok/JIBI)

Solopos.com, SOLO–Prediksi Belgia vs Aljazair dalam pertandingan grup H Piala Dunia, Selasa (17/6/2014) pukul 23.00 WIB nanti sebagian besar mengunggulkan Belgia. Belgia vs Aljazair diperkirakan bakal panen gol 3-1 atau 4-0 untuk Belgia.

Kantor Berita Antara menulis, Belgia adalah salah satu pendiri FIFA yang sudah berpartisipasi pada 11 putaran final Piala Dunia dan pernah mencapai semifinal sebelum dikandaskan Argentina pada Piala Dunia 1986 di Meksiko, namun sejak berhenti di babak 16 Besar Piala Dunia 2002, mereka absen.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Tetapi begitu lolos ke Brasil setelah 12 tahun menunggu, mereka menjadi salah satu favorit juara dunia. Hal ini berbeda dari lawannya Aljazair yang boleh dibilang medioker yang memasuki Brasil untuk menjalani petualangan keempatnya pada putaran final Piala Dunia.

Dalam debutnya pada Piala Dunia 1982 di Spanyol, Aljazair sempat mengejutkan dengan menumbangkan  Jerman Barat 2-1 dan Chile 3-2, namun kekalahan 0-2 dari Austria membuatnya tersingkir menyusul skandal memalukan selama Piala Dunia ketika Austria dan Jerman Barat “main mata” pada partai menentukan.

Dua partisipasinya pada 1986 di Meksiko dan 2010 di Afrika Selatan berakhir tak memuaskan, dan pada keempat kalinya ini mereka berharap mencapai prestasi lebih baik.  Sayang pada laga pembuka, mereka sudah harus menghadapi tim terkuat di Grup H, Belgia.

Laga Belgia versus Aljazair di Estadio Mineirao, Belo Horizonte, Brasil, Kamis malam nanti adalah pertemuan pertama mereka di putaran final Piala Dunia, kendati pernah dua kali bertemu dalam dua laga persahabatan yang berakhir sekali seri dan sekali dimenangi Belgia.

Di atas kertas, Belgia yang berjuluk Les Diables Rouges atau Setan Merah akan menjadi pemilik laga pembuka Grup Hini, bukan saja bertradisi Piala Dunia lebih panjang dan memiliki para pemain hebat yang berlaga di klub-klub elite Eropa, namun juga mempunyai catatan manis selama kualifikasi zona Eropa dengan tak terkalahkan dan hanya kehilangan poin akibat dua kali seri.

Selain mesti mewaspadai para pemain Belgia yang eksplosif pada semua lini, Aljazair juga harus mencermati kepiawaian Setan Merah dalam menciptakan gol dari situasi set-piece karena delapan dari 14 gol terakhirnya pada putaran final Piala Dunia berasal dari situasi ini.

Perkiraan susunan pemain
Belgia (4-2-3-1)
: Thibaut Courtois; Toby Alderweireld, Vincent Kompany, Daniel van Buyten, Jan Vertonghen; Axel Witsel, Marouane Fellaini; Dries Mertens, Kevin de Bruyne, Eden Hazard; Romelu Lukaku.
Aljazair (4-3-2-1): Mohamed Zemmamouche; Aissa Mandi, Lyassine Cadamuro, Madjid Bougherra, Faouzi Ghoulam; Medhi Lacen, Nabil Bentaleb, Saphir Taider; Hilal Soudani, Sofiane Feghouli; Islam Slimani.

Pemain diperkirakan termenonjol pada laga ini: Eden Hazard, Belgia.  Subur bersama Chelsea dan paceklik gol bersama timnas, namun ini adalah pemain paling berbahaya dalam skuat Belgia
Pemain yang mungkin tampil mengejutkan: Islam Slimani, Aljazair.  Selain delapan gol untuk Sporting di Portugal, pemain ini menciptakan lima gol Aljazair selama babak kualifikasi.

Statistik kedua tim:
– Ini adalah pertemuan kedua negara di putaran final Piala Dunia.  Pertemuan mereka pertama di kancah internasional terjadi pada 2002 dan berakhir seri 0-0. Setahun kemudian Belgia menang 3-1 dalam laga persahabatan yang dua gol di antaranya dilesakkan Emile Mpenza.

Belgia:
– Kendati ini adalah Piala Dunia pertama Belgia sejak 2002, mereka datang ke Brasil sebagai favorit juara yang kelima setelah Brasil, Argentina, Jerman dan Spanyol
– Belgia tidak terkalahkan pada dua pertemuan internasionalnya melawan Aljazair dengan sekali menang dan sekali seri (keduanya laga persahabatan)
– Belgia tidak terkalahkan pada dua laga di putaran final Piala Dunia sebelumnya melawan tim-tim Afrika, dengan sekali menang dan sekali seri
– Belgia tak terkalahkan pada fase grup pada dua putaran final Piala Dunia terakhirnya, pada edisi 1998 dan 2002 (sekali menang, lima kali seri).
– Belgia hanya menang satu kali pada sembilan laga putaran final Piala Dunia terakhirnya, lima kali seri dan tiga kali kalah. Satu-satunya kemenangannya itu dicatat saat melawan Rusia pada 14 Juni 2002 dengan skor 3-2. Belgia juga tidak kebobolan dalam sembilan laga terakhirnya ini.
– Delapan dari 14 gol terakhir pada Piala Dunia berasal dari set-piece (lima dari sepak pojok, 2 dari tendangan bebas langsung, dan 1 dari tendangan bebas tidak langsung)
– Belgia pernah mencatat hasil seri dengan angka terbanyak pada Piala Dunia, tepatnya seri 4-4 melawan Inggris 40 tahun lalu.
– Thibaut Courtois mementahkan 87,1 persen tembakan selama kualifikasi zona Eropa. Ini adalah rasio tertinggi di antara para kiper yang tampil lebih dari lima kali pada Piala Dunia.
– Hanya Prancis yang lebih sedikit kemasukan gol (3) dari Belgia (4) pada kualifikasi zona Eropa lalu.

Aljazair:
– Aljazair pernah sekali kalah dari Belgia dalam dua pertemuan internasional mereka sebelum di putaran final Piala Dunia 2014 ini.
– Aljazair tak bisa mencetak gol pada lima pertandingan putaran final Piala Dunia terakhirnya sejak gol terakhir mereka pada 3 Juni 1986 melawan Irlandia Utara (saat seri 1-1 dengan  Djamel Zidane menjadi pencetak gol).
– Pada lima pertandingan putaran final Piala Dunia terakhirnya itu Aljazair melepaskan 71 upaya menciptakan gol
– Aljazair memenangi enam dari delapan laga kualifikasi Piala Dunianya di Zona Afrika, dengan dua kali menelan kekalahan, masing-masing dari Mali dan saat leg pertama play-off melawan Burkina Faso.
– Islam Slimani mencetak lima gol dalam babak kualifikasi, sama dengan yang dicetak oleh pemain Afrika lainnya dari Pantai Gading. Salomon Kalou.
– 17 anggota skuat timnas Aljazair lahir di Prancis.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya