SOLOPOS.COM - Tim Iran di Piala Dunia 2014 (JIBI/Reuters)

Solopos.com, CURITIBA—Prediksi Iran vs Nigeria mengunggulkan wakil Asia ini pada pertandingan grup F Piala Dunia 2014, Selasa (17/6/2014) pukul 02.00 WIB. Iran vs Nigeria bakal mengusung misi yang sama dalam pertarungan di Estadio Joaquim Americo Guimaraes,  mengakhiri penantian 16 tahun tanpa kemenangan di ajang Piala Dunia.

Laman Soccerway memfavoritkan wakil Asia, Iran, bakal memenangi duel melawan Nigeria dalam pertemuan kedua tim di laga penyisihan Grup F Piala Dunia 2014, Selasa (17/6) dini hari WIB.

Promosi Kisah Pangeran Samudra di Balik Tipu-Tipu Ritual Seks Gunung Kemukus

Soccerway.com memprediksi Iran akan meraih kemenangan dengan skor tipis 2-1 melawan tim Elang Super, julukan Nigeria. Sementara itu situs Asian Bookie justru mengunggulkan Nigeria dan memberikan voor 1/4 untuk Iran.

Iran dan Nigeria memang akan saling berhadapan di laga perdana penyisihan grup F Piala Dunia 2014 dengan bekal yang jauh dari ideal. Kedua tim tidak pernah menang dalam pertandingan di putaran final turnamen sepak bola akbar empat tahunan itu sejak Piala Dunia 1998 silam.

Kali terakhir Nigeria memetik kemenangan 1-0 atas Bulgaria di babak grup Piala Dunia 1998, Juni 16 tahun silam. Tren buruk itu pula yang memaksa tim Elang Super, julukan Nigeria, selalu tersingkir di putaran pertama dalam dua Piala Dunia berikutnya di mana mereka terlibat di dalamnya, yaitu pada 2002 dan 2010 silam.

Yang lebih mengenaskan, raksasa Afrika itu hanya mendulang masing-masing satu poin dari total tiga pertandingan di fase grup di dua turnamen akbar di Korea Selatan Korsel/Jepang dan di Jepang itu.

Tetapi Nigeria yang sekarang sepertinya telah banyak berbenah. Kehadiran Stephen Keshi sebagai menajer tim Elang Super membuat mereka kini telah kembali ke jalur yang benar. Victor Moses dkk. melenggang ke Piala Dunia 2014 dengan tak sekali pun menelan kekalahan di fase kualifikasi zona Afrika.

Hasil Apik

Hasil apik itu pulalah yang membuat Nigeria tampil percaya diri di penyisihan Grup F Piala Dunia tahun ini. Pelatih Nigeria, Stephen Keshi, bahkan tidak merasa terganggu atas hasil tak memuaskan di tiga laga persahabatan jelang keberangkatan ke Brasil dengan bermain imbang melawan Yunani dan Skotlandia serta menelan kekalahan 1-2 dari Amerika Serikat.

“Perhatianku adalah bagaimana membuat pemain memahami pola permainan kami dan mengembalikan mereka kepada ritme yang dicapai tim ini sebelumnya setelah saling berpisah dalam waktu yang lama,” ujar Keshi dilansir The Sacramento Bee, Minggu (15/6).

Keshi sendiri sepertinya tak perlu khawatir dengan kualitas skuat yang dimiliki skuat Elang Super. Gelandang Chelsea, John Obi Mikel, bakal menjadi salah satu yang diandalkan Nigeria untuk melangkah sejauh mungkin di Brasil. Selain itu, striker Fenerbahce, Emmanuel Emenike, bakal memikul beban berat serupa dengan Vincent Enyeama yang didaulat sebagai penjaga gawang utama.

Di sisi lain, Iran malah membawa catatan yang lebih buruk. Skuat dari Negeri Mullah itu hanya sekali tampil dalam tiga Piala Dunia sebelumnya di mana mereka hanya mampu bersaing di babak grup di Piala Dunia Jerman, delapan tahun silam. Bukan itu saja, Iran bakal terkendala minimnya laga persabahatan jelang bergulirnya putaran final Piala Dunia 2014 dan dirundung masalah finansial.

Namun di balik semua bekal negatif tersebut, Iran berpotensi menyuguhkan kejutan di Grup F dengan keberadaan sosok Carlos Queiroz sebagai pelatih. Manajer asal Portugal itu sebelumnya pernah membesut Real Madrid dan Timnas Portugal sebelum berlabuh di skuat Bintang Persia, sebutan Iran, pada April 2011.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya