SOLOPOS.COM - Tim Nasional Nigeria (JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, PORTO ALEGRE—Laga Grup F Piala Dunia 2014, Rabu (25/6/2014) pukul 23.00 WIB nanti menjadi penentu bagi Nigeria dan Iran untuk lolos ke babak 16 besar. Nigeria vs Argentina dan Iran Vs Bosnia.

Sebagaimana dikutip dari situs FIFA maupun ESPN, penentuan lolos ke babak 16 besar dari Grup F berpotensi ditentukan lewat undian oleh Komite Organisasi FIFA. Dalam grup ini, hanya Argentina yang memastikan lolos.

Promosi Mudik: Traveling Massal sejak Era Majapahit, Ekonomi & Polusi Meningkat Tajam

Sementara Nigeria yang unggul tiga poin dari Iran, masih bersaing ketat dengan wakil Asia itu untuk merebut satu tiket terakhir ke babak 16 besar.

Apabila Nigeria kalah 0-1 dari Argentina, sementara Iran menang 1-0 atas Bosnia yang telah tersingkir, maka koleksi poin kedua tim akan sama. Begitu juga dengan selisih gol, jumlah memasukkan gol dan head to head mereka sama kuat. Sehingga penentuan tim mana yang lolos akan ditentukan lewat undian.

Sebenarnya bagaimana aturan kelolosan sebuah tim dari fase grup? Berikut format penghitungan untuk penentuan kelolosan ke babak 16 besar di Piala Dunia:

  1. Jumlah poin terbaik dalam pertandingan grup
  2. Selisih gol terbaik dalam pertandingan grup
  3. Jumlah gol terbesar yang dicetak dalam putaran grup.

Jika lebih dari satu tim mendapat peringkat yang sama, maka peringkat mereka akan ditentukan dengan cara:

  • Jumlah poin terbaik dalam head to head tim-tim terkait
  • Selisih gol terbaik dalam pertandingan berhadapan antara tim-tim terkait
  • Jumlah gol terbaik yang dicetak dalam pertandingan berhadapan antara tim-tim terkait
  • Jika ada tim yang poinnya masih imbang setelah menerapkan kriteria di atas, maka penentuan peringkat akan ditentukan dengan diundi oleh FIFA.

Keterangan
–       Undian FIFA untuk menentukan kelolosan dari fase grup di Piala Dunia pernah terjadi pada 1990 di Italia. Irlandia dan Belanda dipaksa menjalani undian setelah mereka finis di bawah Inggris di Grup F.
–       Pada 1954, Spanyol gagal lolos ke Piala Dunia karena nasib mereka ditentukan lewat undian. Tim Negeri Matador harus menjalani undian untuk menentukan terkualifikasi atau tidak ke Piala Dunia, karena laga playoff melawan Turki berjalan kuat. Saat itu, mereka menang 4-1 di laga kandang, namun kalah 0-1 di Istanbul. Alhasil, FIFA harus melakukan undian karena saat itu selisih gol maupun keuntungan gol tandang belum dijadikan patokan untuk penentuan kelolosan sebuah tim.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya