SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, RIO DE JENEIRO —Pertandingan Grup E Piala Dunia 2014, Senin (16/6/2014) pukul 05.00 WIB nanti mempertemukan Argentina vs Bosnia Hezergovina.  Argentina diprediksi mengungguli Bosnia dengan skor 3-1.

Messi menerima beban tidak ringan. Pecinta Tim Tango ingin agar bintang Barcelona itu mampu mengulang kenangan megah membanggakan sebagaimana Diego Maradona membawa Argentina menjadi juara dunia 28 tahun lalu pada Piala Dunia di Meksiko.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Argentina difavoritkan keluar sebagai juara dunia tahun ini, hanya saja skuad asuhan pelatih Alejandro Sabella ini menerima telegram sangsi mengenai kondisi lini pertahanan yang masih belum kokoh benar.

Sebagaiman ditulis Kantor Berita Antara, Argentina diberi empat bomber yang siap meledak kemudian mengoyak jala lawan. Keempatnya total telah mencetak lebih dari 100 gol bersama klubnya masing-masing di musim 2013/14. Lionel Messi mengoleksi 46 gol, Sergio Aguero (28 gol), Gonzalo Higuain (24 gol), dan Ezequiel Lavezzi (12 gol). Keempatnya diberi predikat “Fab Four”.

Bukan tidak mungkin skuad asuhan pelatih Safet Susic membuat kejutan. Mereka datang bertanding, dan berharap bahwa kepercayaan diri telah cukup memompa semangat agar dewi Fortuna mau berpihak ketika berhadapan dengan Messi dan kawan-kawan.

Bosnia-Herzegovina terbilang sebagai tim underdog. Mereka dihadapkan kepada satu pilihan yakni berusaha menghentikan pergerakan Messi bila Emir Spahic memang ingin mendapat tiga angka. Hanya saja, asa ini jauh dari mudah.

Edin Dzeko digadang-gadang dapat mencetak gol bagi Bosnia. Ketika membela Manchester City, pemain ini telah mengemas 26 gol dalam seluruh kompetisi musim ini. Capaian ini lebih tinggi dibandingkan dengan gelandang AS Roma, Miralem Pjanic.

Tekanan justru berada di lini belakang Bosnia yang dijaga Ermin Bicakcic dan Muhamed Besic. Kedua bek muda ini baru tampil kali pertama dalam ajang Piala Dunia, dan keduanya dihadapkan kepada perjuangan mengalahkan rasa gugup.

Kedua bek ini bakal mendapat cecaran dan gempuran dari para predator gol Argentina utamanya Fab Four. Belum lagi “passing game” yang bakal dimainkan oleh Aguero dan kawan-kawan.

Bosnia boleh membentangkan layar harap kepada penjaga gawang Asmir Begovic. Pemain berusia 26 tahun yang membela Stoke City ini telah bermain sebanyak 36 pertandingan bersama negaranya dan 136 laga bersama klubnya di ajang kompetisi Liga Inggris (Premier League).

Data dan fakta:

* Argentina telah menuai sembilan kali menang dan hanya sekali kalah dari 12 laga dalam penyisihan grup Piala Dunia (dua kali imbang), menjalakan 24 gol dan kemasukan empat gol.
* La Albicelestw telah meraup dua kali menag dalam laga melawan tim-tim asal Eropa di ajang Piala Dunia, empat kali imbang dan tiga kali kalah.

* Messi telah mencetak satu gol dalam 571 menit selama keikutsertaan dia di Piala Dunia. Sementara Dzeko telah mengoleksi 10 gol selama babak penyisihan zona Amerika Selatan.

* Tim Bosnia telah menelan kekalahan dalam dua laga sebelumnya melawan Argentina, keduanya dalam laga persahabatan.

* Gabriel Batistuta meraih hat-trick untuk membawa negaranya menang 5-0 di Kordoba pada 1998.

* Dalam pertemuan kedua tim pada November tahun lalu, Sergio Aguero mencetak dua gol di kota St. Louis.

Prakiraan susunan pemain:

Argentina (4-3-3):

Romero (penjaga gawang), Rojo, Fernandez, Garay, Zabaleta, Di Maria, Mascherano, Gago, Aguero, Messi, Lavezzi

Bosnia-Herzegovina (4-5-1):
Begovic, Mujddza, Bicakcic, Spahic, Kolasinac, Pjanic, Besic, Salihovic, Misimovic, Dzeko, Lulic

Enam laga terakhir: 

Argentina:
7 Jun 2014 Argentina 2-0 Slovenia
4 Jun 2014 Argentina 3-0 Trinidad dan Tobago
5 Mar 2014 Romania 0-0 Argentina
19 Nov 2013 Argentina 2-0 Bosnia-Herzegovina
16 Nov 2013 Argentina 0-0 Ekuador
16 Oct 2013 Uruguay 3-2 Argentina

Bosnia-Herzegovina:
4 Jun 2014 Mexico 0-1 Bosnia-Herzegovina
31 May 2014 Bosnia and Herzegovina 2-1 Pantai Gading
5 Mar 2014 Bosnia-Herzegovina 0-2 Mesir
19 Nov 2013 Argentina 2-0 Bosnia-Herzegovina
15 Oct 2013 Lithuania 0-1 Bosnia-Herzegovina
11 Oct 2013 Bosnia-Herzegovina 4-1 Liechtenstein
Narasi prediksi:

* Bosnia punya dua atau tiga pemain hebat dalam daftar susunan pemainnya, hanya saja mereka tidak memiliki pemain belakang yang handal. Ini artinya, skuad Argentina bakal menggelontorkan serangan bertubi-tubi ke jantung pertahanan Bosnia.

* Pelatih Sabella dapat saja menerapkan skema 4-2-3-1 atau bahkan 4-3-3, dengan Mascherano lebih berfungsi sebagai pemain jangkar berdampingan dengan Fernando Gago. Di Maria akan diberi kebebasan untuk menghubungkan antara lini tengah dengan lini depan. Fungsinya mendukung trio penyerang yakni Gonzalo Higuaín, Lionel Messi dan Sergio Agüero.

* Pelatih Susic cenderung menerapkan pola 4-2-3-1 yang sewaktu-waktu dapat ia ubah sesuai jalannya pertandingan. Ia mengandalkan pemain enegik yang ada dalam diri Besic. Pemain ini besar kemungkinan bakal berfungsi sebagai playmaker, sementara Haris Medunjanin menempati posisi gelandang.

* Senad Lulic dan Izet Hajrovic didaulat menjaga kedalaman, agar mendukung pergerakan gelandang serang Miralem Pjanic. Edin Dzeko akan berfungsi sebagai “lone striker”.




Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya