SOLOPOS.COM - Para pemain Uruguay merayakan tiket ke putaran final Piala Dunia 2014 setelah mengalahkan Yordania dengan agregat 5-0. JIBI/REUTERS/Andres Stapff

Solopos.com, FORTALEZA–Pertandingan di Grup D Piala Dunia 2014, Minggu (14/6/2014) mempertemukan Uruguay vs Kostarika. Absennya Luis Suarez bakal sangat memengaruhi ketajaman Uruguay saat meladeni Kosta Rika pada laga Grup D di Castelao Arena, Fortaleza.

Namun Uruguay beruntung karena Kosta Rika yang memiliki kelebihan dalam pertahanan harus kehilangan sederet pemain akibat cedera. Oleh sebab itu, Uruguay tetap percaya diri (pede) meraih tiga angka saat bersua Kosta Rika.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Suarez dipastikan duduk di bangku cadangan dalam kampanye pertama mereka di Piala Dunia 2014. Seperti dilansr Reuters, Suarez belum kembali ke kondisi puncak meski sudah tiga pekan menjalani operasi lutut. Pelatih Uruguay, Oscar Tabarez, enggan memaksakan bomber Liverpool itu untuk menghindari kemungkinan terburuk yang dapat terjadi pada timnya.

“Secara pribadi aku ingin Suarez turun saat melawan Kosta Rika. Tapi kami tak akan menuntutnya, kami belum tahu apakah dia akan turun di pertandingan kedua atau ketiga,” ujar Tabarez, Jumat (13/6).

Tanpa adanya Suarez di line-up La Celeste, julukan Uruguay, Tabarez bakal memasang Edinson Cavani dan Diego Forlan di lini depan. Menurutnya, tanpa kehadiran Suarez sebenarnya tidak menjadi soal karena Cavani dan Forlan juga merupakan amunisi berbahaya. Musim ini, Cavani tampil cemerlang bersama Paris Saint-Germain, sementara Forlan meskipun kebintangannya sudah mulai memudar, namun memiliki intelijensi dan kreativitas permainan yang masih dapat diandalkan.

Dari sisi catatan rekor, Uruguay juga masih unggul. Dari delapan pertemuan terakhir, Kosta Rika tidak mampu mengalahkan La Celeste dan hanya dua kali bermain imbang. Namun catatan itu tak ada artinya bila Uruguay tidak mampu mengkreasikan serangan. Apalagi Kosta Rika memiliki kelebihan dalam hal bertahan. Pada babak kualifikasi Piala Dunia 2014 Zona Amerika Utara, Tengah, dan Karibia (CONCACAF), Kosta Rika mencatatkan rekor kebobolan paling sedikit dengan rerata di bawah satu gol per pertandingan. Catatan ini membuat mereka meraih posisi runner- up di bawah Amerika Serikat.

Pasrah
Sang penjaga gawang, Keylor Navas, menjadi kiper terbaik dalam kualifikasi itu. Penampilannya bersama Levante di Liga Primera juga cukup cemerlang. Bahkan situs resmi La Liga menyebut Keylor Navas sebagai penjaga gawang terbaik selama musim 2013-2014, unggul dibandingkan klub lain seperti Real Madrid, Atletico Madrid, maupun Barcelona.

Namun Kosta Rika juga mengalami defisit pemain setelah sederet bintang andalan mereka mengalami cedera. Pemain Everton, Bryan Oviedo, yang juga menjadi jangkar pertahanan Kosta Rika gagal pulih tepat waktu dari patah tulang kakinya. Top skor mereka di babak kualifikasi, Alvaro Saborio, juga mengalami patah tulang jari kaki.

Defisit pemain serta berada di grup sulit bersama Uruguay, Italia, dan Inggris membuat Kosta Rika pasrah. Sang Presiden, Luis Guillermo Solis, seperti dikutip TMZ bahkan mengaku sudah siap mental dengan hasil apa pun yang akan diraih Timnas Kosta Rika. “Ini akan sangat sulit, grup ini berat, kami akan berusaha yang terbaik,” kata dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya