SOLOPOS.COM - Timnas Inggris (Dok/JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, SAO PAULO–Prediksi Uruguay vs Inggris saat pertandingan grup D Piala Dunia 2014 oleh sejumlah pihak menempatkan kemenangan tipis Inggris.

Pelatih Timnas Inggris, Roy Hodgson, akan melakukan perjudian dengan mengembalikan fungsi Wayne Rooney sebagai pemain bernomor 10 ketika timnya menghadapi laga hidup-mati melawan Uruguay di Arena Corinthians, Jumat (20/6/2014) pukul 02.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sejumlah tanda tanya besar terkait kehadiran Rooney dalam skuat berjuluk The Three Lions mengemuka ke publik setelah kekalahan 1-2 dari Italia pada laga perdana Grup D, pekan lalu. Dalam laga itu, Rooney digeser Hodgson keluar dari posisi aslinya untuk menjadi penyerang sayap kiri.

Rooney memang berusaha membuktikan mampu mengemban tugas baru itu dengan melesakkan umpan silang menawan yang menginisiasi gol Daniel Sturridge. Meski demikian, kritikan bertubi-tubi tetap menyerang Rooney seusai laga. Pemain berjuluk Wazza tersebut dianggap kedodoran dan sesekali kesulitan saat diminta bermain bertahan. Rooney pun tercatat hanya dua kali menyentuh bola di kotak penalti lawan!

Dalam duel melawan Uruguay, Hodgson agaknya bakal kembali menempatkan Rooney sebagai pemain nomor 10 di belakang seorang striker tunggal yang hampir pasti menjadi milik Daniel Sturridge. Sementara Raheem Sterling dan Danny Welbeck akan menempati posisi sayap kiri dan kanan.

Namun spekulasi untuk mendepak Rooney ke bangku cadangan pun mengemuka. Sebab Sterling telah membuktikan mampu bermain oke di belakang Sturridge ketika meladeni Italia. Dalam catatan Whoscored, pemain muda Liverpool itu empat kali melakukan tembakan, unggul satu tembakan dari Rooney. Artinya, menggeser kembali Sterling ke bagian sayap dan mengembalikan Rooney sebagai nomor 10 diperkirakan akan menimbulkan risiko tersendiri.

Sementara itu, Rooney tak tinggal diam. Eks pemain Everton tersebut mencoba membungkam kritik dari media terkait spekulasi pergeseran posisinya hingga skenario untuk mencoretnya dari starting XI Inggris. “Terkadang Anda tidak bisa menduga apa yang dilakukan media,” jelas Rooney dalam akun Facebook, seperti dilansir Reuters, Rabu (18/6).

Laga ke-10
“Saya katakan dari awal, saya ingin melakukan segalanya yang bisa saya lakukan, saya siap dengan setiap laga di Piala Dunia dan menjadi bagian yang saya lakukan dalam latihan tambahan selama sepekan sebelum saya gabung dengan skuat ini. Tentu apa yang saya lakukan kemarin, itu tergantung pada latihan tambahan karena saya ingin lakukan itu,” jelas Wazza.

Meski memiliki karier cemerlang di level klub, penampilan Rooney di level internasional selalu dipertanyakan. Khususnya setiap kali dirinya tampil di turnamen-turnamen besar.

Bayangkan, seorang Rooney yang subur dengan 216 gol bersama Manchester United dan Everton di berbagai kompetisi sejak 2002, belum pernah sekali pun mencetak gol di panggung Piala Dunia. Duel kontra La Celeste, julukan Uruguay, sendiri akan menjadi laga ke-10 Rooney di Piala Dunia.

“Negara kami suka itu, mengkreasi sebuah drama untuk seorang pemain. Saat ini yang menjadi sasaran adalah Rooney, namun itu datang dengan teritori sebagai pemain penting dalam sebuah negara besar,” urai asisten pelatih Timnas Inggris, Garry Neville, kepada BBC.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya