SOLOPOS.COM - Timnas Inggris (Dok/JIBI/Solopos/Reuters)

Solopos.com, BELO HORIZONTE—Prediksi Inggris Vs Kosta Rika, laga Grup D Piala Dunia 2014, Selasa (23/4/2014) pukul 23.00 WIB akan menang tipis. Entah itu Kosta Rika ataukah Inggris. Pengakses Soccerway memprediksi Kosta Rika bisa menang tipis 1-0 atas Inggris. Sementara Asian Bookie memfavoritkan Inggris menang tipis.

Dua tim juara dunia, Uruguay dan Italia, berhasil dijinakkan Kosta Rika. Apakah juara Piala Dunia 1966, Inggris, bakal menjadi korban berikutnya tim berjuluk Ticos itu?

Promosi Mabes Polri Mengusut Mafia Bola, Serius atau Obor Blarak

Sebelum pesta akbar empat tahunan ini dimulai, banyak yang meremehkan kekuatan Kosta Rika di Grup D, yang menjadi grup neraka karena dihuni tiga juara dunia, Italia , Uruguay, dan Inggris. Namun tim yang diarsiteki Jorge Luis Pinto tersebut membuktikan mereka tidak boleh dianggap sebelah mata.

Setelah menaklukkan Uruguay 3-1 di laga perdana, Ticos berhasil melumpuhkan Italia dengan skor 1-0 untuk memastikan diri sebagai tim pertama dari Grup D yang lolos ke babak 16 besar.

Ekspedisi Mudik 2024

Kejutan Kosta Rika atas Italia itulah yang juga ikut memastikan Inggris akhirnya harus angkat koper dari Brasil. Meski demikian, masih ada tugas yang perlu dituntaskan kedua tim ketika bertemu di laga terakhir Grup D di Estadio Mineirao, Belo Horizonte , Selasa (24/6) pukul 23.00 WIB.

Ticos bakal berusaha menuntaskan fase penyisihan sebagai pemuncak klasemen grup. Syaratnya pun tidak sulit. Bryan Ruiz dkk. hanya butuh hasil imbang agar bisa finis sebagai pemuncak klasemen Grup D.

Lantas apa yang tersisa dari Inggris? Tim besutan Roy Hodgson itu bakal turun bak singa terluka ketika bertemu Kosta Rika di Belo Horizonte. Wayne Rooney dkk. harus menyelamatkan harga diri mereka setelah gagal membawa satu poin pun dalam dua laga sebelumnya di Grup D.

Telan Kekalahan

Jika harus kembali menelan kekalahan dari Kosta Rika, maka itu akan menjadi rekor buruk untuk kali pertama bagi The Three Lions gagal memetik poin dalam tiga laga fase grup dalam sejarah Piala Dunia.

“Tentu kami terluka. Kami harus berusaha bangkit untuk laga Selasa nanti, turun dengan perjuangan dan menunjukkan kebanggaan kami,” jelas Rooney, sebagaimana dikutip Reuters, Senin (23/6).

Ya, the last job alias tugas terakhir Inggris di Brasil adalah menyelamatkan kebanggaan dan nama besar mereka di panggung dunia.  Namun, bukan mustahil Kosta Rika bakal menaburkan garam ke luka yang diderita The Three Lions.

Pemain Lapis Kedua

Namun setelah memastikan lolos ke babak 16 besar, Kosta Rika mengisyaratkan bakal mengerahkan pemain-pemain lapis kedua ketika melawan Inggris.

“Memberikan kesempatan bagi pemain lain untuk mencoba bermain. Itu sesuatu yang penting, khususnya bagi mereka yang jarang mendapatkan kesempatan dan juga kita bias melihat seberapa fit mereka masuk dalam sistem ini,” jelas asisten pelatih Kosta Rika, Paulo Wanchope yang pernah membela Derby County, West Ham United, dan Manchester City, seperti dilansir Yahoosports.

Pada waktu hampir bersamaan, satu tiket tersisa ke babak 16 besar di Grup D akan diperebutkan Uruguay dan Italia. Bek Kosta Rika, Christian Gamboa, menilai bukan masalah besar apabila mereka akan finis di urutan kedua Grup D, di bawah Uruguay atau Italia.

Sebab jika demikian, Ticos akan berpeluang bertemu dengan juara Grup C, yang sangat mungkin diisi Kolombia, negara asal pelatih mereka, Pinto.

“Jika kami bertemu Kolombia, The Professor [Pinto] tahu mereka dengan baik, dia tahu segalanya dengan negara asalnya dan jika bagaimana kami bisa mengambil keuntungan dari itu,” sambung dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya