SOLOPOS.COM - Luis Suarez, pemain Uruguay (Dok/JIBI)

Solopos.com, SOLO—Uruguay vs Inggris menjadi pertandingan grup c Piala Dunia 2014 yang seru, Jumat (19/6/2014) pukul 02.00 WIB. Prediksi Uruguay vs Inggris oleh beberapa analis menempatkan Inggris menang tipis. Baik situs Soccerway maupun bursa Asian Bookie.

Uruguay dan Inggris yang sama-sama terluka setelah kalah di laga pembuka butuh, kemenangan untuk menyelamatkan kiprah mereka di Brasil. Tim yang kalah di laga ini otomatis akan mempertipis peluang lolos ke babak 16 besar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Uruguay yang secara mengejutkan ditaklukkan Kosta Rika 1-3 menghadapi beban yang lebih berat mengingat setelah laga ini mereka akan menghadapi tim juara dunia empat kali, Italia. Sedangkan Inggris akan berhadapan dengan Kosta Rika di laga pamungkas grup.

Suarez Bakal Tampil

Melihat situasi serba sulit ini, striker Luis Suarez sepertinya bakal dipaksakan tampil meski belum sepenuhnya dinyatakan fit. Suarez yang absen pada laga pertama bakal menjadi sorotan utama skuat Tiga Singa, julukan Inggris.

Merumput di Liga Premier Inggris membuat Suarez mengenal permainan sebagian besar penggawa Inggris, di mana sebagian di antaranya merupakan rekan setim Suarez di Liverpool.

Namun striker Inggris yang juga rekan Suarez di Liverpool, Raheem Sterling, meminta timnya agar tidak terlalu fokus pada Suarez.

“Dia [Suarez] adalah seorang pemain hebat. Kami semua tahu itu namun kami tidak boleh hanya fokus pada dia. Kami harus menyadari mereka memiliki pemain kelas dunia lainnya di tim seperti [Edinson] Cavani dan yang lain-lain,” ujar Sterling dilansir Soccerway, Rabu (18/6).

“Kami harus benar-benar berpikir mengenai hal positif dan negatif mereka, bukan hanya mengenai Luis. Kebanyakan para pemain belakang di sini bermain menghadapi dia di Liga Premier, jadi mereka tahu mengenai dia dan mereka tahu dia bisa mengemas gol. Mereka akan melakukan segalanya untuk menghentikan Suarez,” imbuh Sterling.

Wayne Rooney Main

Di laga ini pelatih Inggris, Roy Hodgson, siap berjudi dengan memainkan Wayne Rooney di posisi favoritnya sebagai penyerang paling depan. Rooney akan mendapatkan bantuan dari Sterling yang akan dimainkan di kanan dan Danny Welbeck di kiri.

Satu pemain yang dipastikan absen dari skuat Inggris adalah gelandang Alex Oxlade-Chamberlain yang masih berlatih terpisah dari tim.

Gelandang Inggris, Frank Lampard, mendukung Rooney kembali ke posisi nomor 10 yang dipercaya membuat pemain Manchester United bermain semakin tajam.

“Dia [Rooney] seorang pemain luar biasa dan jika kami tampil dan bermain bagus di Piala Dunia, pemain seperti Wayne akan menjadi kunci karena apa yang mereka lakukan,” ujar Lampar dilansir Dailymail.

Bagi Uruguay, laga ini menjadi semacam duel hidup-mati bagi. Mengingat selepas laga ini pemain berjuluk La Celeste harus menghadapi Italia. “Ini laga hidup-mati. Kami menghadapi dua tim terbaik di dunia [Inggris dan Italia]. Ini tantangan berat,” ujar kapten Uruguay, Diego Lugano, dilansir Dailystar.

Ini Kekuatan Kedua Tim

Waspadai Barisan Serang

Sementara pelatih Uruguay, Oscar Tabarez, menginstruksikan pasukannya untuk mewaspadai barisan serang Inggris jika ingin melaju lebih jauh di Brasil 2014. Tabarez menyebut para pemainnya harus lebih disiplin di laga ini.

“Kami akan mengubah segalanya. Kami membutuhkan kemenangan begitu juga dengan Inggris. Kami harus mengubah sikap kami dan menempatkan takaran berbeda dalam setiap posisi. Kami mewaspadai semua itu,” ujar Tabarez dilansir Sportsmole.

“Inggris tidak beruntung lawan Italia. Para penyerang mereka sangat bertenaga. Mereka memiliki para pemain muda dengan potensi hebat. Mereka sangat cepat dan membuat keputusan cepat untuk menguasai area yang tepat,” imbuh Tabarez.

Berikut ini perbandingan kekuatan kedua tim sebagaimana dikutip dari Whoscored/Opta

KIPER
Fernando Muslera VS Joe Hart

–         Muslera dipaksa memungut bola dari gawangnya sendiri selama tiga kali ketika menghadapi  Kosta Rika.



–         Hart tampil tidak terlalu baik ketika timnya dikalahkan Italia. Kiper Manchester City tersebut hanya membukukan satu kali penyelamatan.

BELAKANG

Diego Godin VS Phil Jagielka

–         Godin membukukan lima tekel ketika melawan Kosta Rika, paling banyak bersama Cristian Gamboa. Tenaga Godin diperlukan untuk mengatasi kelincahan striker Inggris seperti Daniel Sturridge.

–         Jagielka tampak nyetel dengan tandemnya, Gary Cahill, di lini belakang Inggris. Kini, ujian Jagielka  yakni menghentikan duet Suarez dan Edison Cavani.

TENGAH

Walter Gargano VS Steven Gerrard               

–         Akurasi umpan Gargano saat melawan Kosta Rika mencapai 80% Gelandang Parma ini juga bisa diandalkan dalam mendribel bola untuk membantu serangan timnya.

–         Kehadiran Gerrard tak hanya penting dalam startegi permainan Inggris. Kehadiran sang kapten juga diperlukan untuk mendongkrak kepercayaan diri The Three Lions agar bangkit dan tak terdepak dari Piala Dunia 2014.

DEPAN

Luis Suarez VS Daniel Sturridge

–         Suarez telah mendeklarasikan diri bakal tampil melawan Inggris setelah hanya duduk di bangku cadangan ketika timnya dipermalukan Kosta Rika. Pencetak 33 gol di Liga Premier 2013/2014 ini pun siap meladeni musuh yang tak asing lagi di matanya.

–         Sturridge merupakan tandem “sejati” Suarez di Liverpool. Bermodalkan tiga gol dalam empat penampilannya bersama Inggris, Sturridge siap beradu ketajaman dengan Suarez.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya