SOLOPOS.COM - Timnas Jepang tengah berlatih (Dok/JIBI)

Solopos.com, NATAL—Prediksi Jepang vs Yunani, Jumat (20/6/2014)  pukul 05.00 WIB mengunggulkan tim Samurai Biru. Sejumlah analis memprediksi Jepang unggul 2-1 atas Yunani dalam pertandingan grup C Piala Dunia 2014 nanti.

 Jepang dan Yunani bakal berjuang bangkit demi menjaga peluang lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2014 ketika saling dipertemukan di laga kedua Grup C di Arenas dan Dunas, Natal, Brasil, Jumat (20/6/2014) pukul 05.00 WIB.

Promosi Semarang (Kaline) Banjir, Saat Alam Mulai Bosan Bersahabat

Nasib wakil Asia dan Eropa itu di babak penyisihan Grup C memang berada di ujung tanduk setelah menelan kekalahan dari lawan masing-masing di laga perdana, pekan lalu.

Jepang bertekuk lutut 1-2 dari Pantai Gading, sedangkan Yunani mengalami nasib lebih tragis setelah dibantai Kolombia tiga gol tanpa balas.

Ambisi Lolos

Namun Jepang berambisi langsung bangkit demi mempertahankan asa lolos dari babak grup. Kuncinya, tim Samurai Biru, julukan Jepang, sukses mengambil keuntungan maksimal dalam pertarungan melawan Yunani.

Hal itu sebagaimana diungkapkan bek Jepang, Maya Yoshida. Bek Southampton juga mengungkapkan mencetak gol lebih dulu akan sangat penting untuk membuka pertahanan Yunani yang selalu bermain disiplin di sektor belakang.

“Kami kalah dalam pertandingan pertama [melawan Pantai Gading] dan itu jelas sangat mengecewakan, namun kami masih memiliki peluang untuk terus melaju [ke babak 16 besar],” ujar Yoshida seperti dilansir Sports ND TV, Rabu (18/6).

“Yunani juga kalah di pertandingan pertama dan mereka memiliki taktik dan bek yang tangguh. Mereka bermain dengan orientasi pertahanan yang bagus dan jika kami bisa mencetak gol lebih dulu, lawan akan tampil lebih terbuka dan itu menjadi peluang,” lanjutnya.

Rekan satu tim Yoshida, Keisuke Honda, menilai Jepang gagal menunjukkan performa terbaiknya ketika menantang Pantai Gading.

“Kami tidak bermain sesuai sistem [pola] yang benar. Kekalahan bukan hal yang mengejutkan, namun kami gagal menunjukkan kekuatan Jepang yang sebenarnya dan itu mengecewakan,” kata Honda.

“Karakteristik terbaik Jepang berbalik melawan kami. Kami tim yang disiplin namun saat mulai berlebihan, itu malah merusak kami,” lanjut pemain AC Milan ini.

Data dan Fakta:

* Ini pertemuan yang pertama antara Jepang dan Yunani dalam ajang Piala Dunia.
* Pertemuan sebelumnya terjadi dalam Piala konfederasi 2005 dengan Jepang menang 1-0 berkat gol yang dicipakan Masashi Oguro. Yasuhito Endo menjadi satu-satunya pemain yang tergabung dalam skuad Jepang kali itu.
* Jepang meraih dua kali kemenangan dalam tujuh pertemuan melawan tim-tim dari Eropa di Piala Dunia (dua kali imbang, tiga kali kalah)
* Yunani mengalami enam kali kekalahan dari tujuh pertandingan di laga Piala Dunua (satu kali menang).
* Yunani gagal meraih clean sheet dalam tujuh pertemuan mereka di Piala Dunia.
* Yunani rata-rata kemasukan 2,6 gol dalam setiap pertandingan di Piala Dunia. Rasio ini tertinggi di antara 32 tim yang berlaga di Piala Dunia.
* Keisuke Honda berperan dalam empat dari lima gol yang diraih oleh skuad Jepang di Piala Dunia (tiga gol dan satu assist). Ia menjadi pencetak gol terbanyak dalam tim Jepang di kompetisi ini (tiga gol).

Skema Duel Dua Tim:

Serangan-serangan Jepang vs penguasaan bola Yunani:
Di ajang Piala konfederasi musim lalu, Jepang mampu tampil gagah perkasa, dengan gaya permainan yang menekan lawan, meski mereka kehilangan penguasaan bola. Hanya saja gaya permainan ini justru tidak tampak ketika menghadapi Pantai Gading.
Melawan Yunani, yang nota bene tidak memiliki pengumpan-pengumpan jitu, Jepang perlu lebih memaksimalkan kekuatan dan menonjolkan gaya bermain yang proaktif ketika mereka kehilangan bola.

* Shinjiki Okazaki vs Jose Holebas:
Sempat diprediksi bahwa Kolombia menemui hambatan ketika menghadapi Yunani, karena di sana ada bek kiri Jose Holebas yang mampu mengawal pergerakan striker lawan. Pemain Yunani ini akan berhadapan dengan Shinjiki okazaki. Pemain-pemain sayap Jepang dikenal punya kecepatan. Okazaki menunjukkan penampilan menawan ketika membela Mainz di Bundesliga.

Bek-tengah Jepang vs Konstantinos Mitroglou:
Dua gol yang bersarang di gawang Jepang ketika melawan Pantai Gading berkat keunggulan fisik dari para striker lawan. Ini nampak nyata ketika menyaksikan manuver dari  Wilfried Bony dan Didier Drogba.

Prakiraan susunan pemain:
Jepang (4-2-3-1):
Eiji Kawashima (penjaga gawang); Yuto Nagatomo, Maya Yoshida, Masato Morishige, Atsuto Uchida; Hotaru Yamaguchi, Makoto Hasebe; Shinji Kagawa, Keisuke Honda, Shinji Okazaki; Y?ya ?sako.

Yunani (4-3-3):
Orestis Karnezis (penjaga gawang); José Holebas, Sokratis Papastathopoulos, Kostas Manolas, Vasilis Torosidis; Panagiotis Kone, Kostas Katsouranis, Giannis Maniatis; Georgios Samaras, Konstantinos Mitroglou, Dimitris Salpingidis.

Enam laga terakhir:

Jepang 
15 Jun 2014 Pantai Gading 2-1 Jepang
7 Jun 2014 Jepang 4-3 Zambia
3 Jun 2014 Kosta Rika 1-3 Jepang
27 May 2014 Jepang 1-0 Cyprus
19 Nov 2013 Belgia 2-3 Jepang
16 Nov 2013 Jepang 2-2 Belanda

Yunani
14 Jun 2014 Kolombia 3-0 Yunani
7 Jun 2014 Yunani 2-1 Bolivia
4 Jun 2014 Yunani 2-0 Nigeria
31 May 2014 Portugal 0-0 Yunani
5 Mar 2014 Yunani 2-2 Korea Selatan
19 Nov 2013 Romania 1-1 Yunani

Narasi atas prediksi:



* Jepang perlu lebih meningkatkan kepercayaan diri. Selama ini skuad Samurai Biru diberi cukup banyak pemain muda bartalenta. Tugas mereka yakni menggedor pertahanan Yunani yang kokoh. Jepang perlu terus menekan, menekan, dan menekan Yunani bila ingin beroleh kemenangan.

* Jepang banyak berharap kepada penampilan Keisuke Honda. Pasukan Samurai Biru perlu lebih ekstra kerja keras untuk dapat meraih tiga poin ketika melawan Yunani. Pasukan asuhan Zaccheroni perlu tampil lebih cepat.

* Yunani perlu lebih tampil menyerang ketimbang bertahan. Untuk itu, para pemain Yunani perlu lebih kreatif dalam menjalankan skema ofensif.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya