SOLOPOS.COM - Timnas Jepang (Dok/JIBI)

Solopos.com, CUIABA—Prediksi Jepang Vs Kolombia memfavoritkan Kolombia bisa mengatasi Jepang. Laman Soccerway mengunggulkan Kolombia dalam laga Grup C Piala Dunia 2014, Rabu (25/6/2014) pukul 03.00 WIB.

Kolombia mengunci tiket lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2014 dan hampir pasti menggenggam status juara Grup C. Namun hal itu tidak akan membuat mereka tampil setengah hati ketika meladeni Jepang di laga pamungkas, Rabu (25/6) dini hari WIB.

Promosi Selamat Datang di Liga 1, Liga Seluruh Indonesia!

Kolombia mengantongi nilai enam dari dua laga, unggul tiga angka atas Pantai Gading di urutan kedua. Dengan hanya satu laga tersisa dan keunggulan selisih empat gol atas lawannya asal Afrika itu di papan klasemen, rasanya akan sulit untuk menggusur skuat Jose Pekerman sebagai pemuncak grup.

Dua tim lain di grup yang sama, Jepang dan Yunani, sama-sama baru mendulang satu poin dan mengisi dua slot terakhir di daftar klasemen grup C.

Meski  begitu, kans kedua tim melenggang ke babak 16 besar masih terbuka tergantung hasil yang mereka dapatkan dari laga terakhir dan satu tim lain di grup yang sama, Pantai Gading.

Di luar ketiganya, Kolombia sendiri hanya membutuhkan hasil imbang untuk menyegel status juara Grup C. Tetapi tim berjuluk Los Cafeteros itu menegaskan tidak akan menurunkan tensi persaingan dengan target minimal atas tim Samurai Biru, julukan Jepang, yang bakal menjadi lawan mereka.

Lebih Fokus

Hal itu sebagaimana terlontar dari bek Kolombia, Christian Zapata. Pemain bertahan yang merumput dengan AC Milan itu menegaskan timnya lebih memilih fokus kepada Jepang dibandingkan berpikir tentang calon lawan yang bakal dihadapi di babak 16 besar.

“Sejak awal kami berusaha melaluinya dari satu pertandingan ke pertandingan yang lain, dan [lawan] yang akan datang adalah Jepang. Itu akan menjadi sebuah laga yang sulit di mana kami ingin berkembang dan meraih kemenangan,” kata Zapata dilansir uk.eurosport.yahoo.com, Senin (23/6/2014).

Lain Kolombia, lain pula dengan Jepang. Di saat Los Cafateros telah memastikan langkahnya ke putaran kedua dengan status juara grup yang nyaris dalam genggaman, tim Samurai Biru justru tengah dalam posisi terjepit.

Pasalnya, hanya kemenangan atas Kolombia yang bakal menjaga kans Keisuke Honda dkk. melenggang ke babak 16 besar. Hasil maksimal itu bahkan tidak akan berarti jika Pantai Gading sukses mengatasi perlawanan Yunani dalam pertandingan lain di Grup C.

Faktor Mental

Pelatih Jepang, Alberto Zaccheroni, menyadari tugas berat dalam laga kontra Kolombia yang bisa jadi merupakan pertandingan terakhir mereka di Piala Dunia 2014. Selain dipertemukan dengan Los Cafeteros yang bakal tampil lepas, Jepang justru harus menata mental mengingat beban yang kini mereka tanggung.

Alasan itu pula yang membuat Zaccheroni justru membatalkan sesi latihan timnya, Sabtu (21/6) waktu setempat. “Ini bukan soal fisik. Kami tidak berlatih untuk membantu tim menemukan keseimbangan yang tepat terkait pendekatan atas laga mendatang [melawan Kolombia],” kata Zaccheroni.

Manajer asal Italia itu juga meminta timnya untuk lebih fokus kepada diri sendiri dibandingkan memikirka tim lain.

Hal serupa diungkapkan pilar Jepang di lini depan, Shinji Kagawa. Winger Manchester United (MU) itu mengingatkan pentingnya mengubah mental tim setelah dua hasil mengecewakan beruntun dalam dua pertandingan sebelumnya.

“Kami harus membalikkan keadaan ini dengan mental yang benar. Dalam dua laga pertama, kami tidak mendapatkan hasil dan semua merasa terganggu atas hal itu. Namun kami masih memiliki kesempatan dan tidak akan menyerah,” kata Kagawa.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya