SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, BELO HORIZONTE— Menjelang berlaga melawan Chile di Grup B, pelatih Spanyol Vicente del Bosque bergerak cepat menyikapi hasil jeblok timnya dalam duel melawan Belanda di laga perdana babak penyisihan Piala Dunia, Sabtu (14/6/2014) lalu.

Del Bosque mengisyaratkan kemungkinan akan menurunkan daftar starting line up yang berbeda kala berhadapan dengan Chile, Kamis (19/6/2014) dini hari WIB. Hal itu mengingat pertandingan melawan wakil Amerika Selatan itu bakal sangat menentukan dalam menjaga kans juara dunia 2010 itu melaju ke babak 16 besar.

Promosi Mi Instan Witan Sulaeman

Meski begitu, eks pelatih Real Madrid itu justru tidak akan mengusik kiper Iker Casillas yang dinilai dituding berkontribusi dalam kekalahan telak timnya di laga pembuka Grup B.

Kekalahan 1-5 dari Belanda membuat Spanyol terpuruk di dasar klasemen Grup dan kekalahan dari Chile di laga kedua bakal membuat La Furia Roja, julukan Spanyol, tersingkir di fase grup. Skenario itu dengan syarat Belanda sukses merebut kemenangan atau minimal bermain seri melawan Australia dalam pertandingan lainnya.

Beban berat itulah yang memaksa Del Bosque mempertimbangkan merombak starting line up timnya di dua laga berikut penyisihan Grup B. Meski begitu, manajer yang sukses mengantar Spanyol berjaya di Piala Dunia 2001 dan Euro 2012 itu memilih tidak terburu-buru.

“Mungkin akan ada beberapa perubahan [dalam laga melawan Chile]. Namun kami tidak ingin terburu-buru dalam hal ini,” ujar Del Bosque dilansir msn.foxsports.com, Senin (16/6).

“Jika aku membuat perubahan, maka itu tidak dengan maksud untuk mengarahkan telunjuk kepada seseorang. Ini sbuah turnamen pendek dan kami akan bekerja dan menemukan solusi terbaiknya,” lanjut pelatih berusia 63 tahun itu.

Terkait kemungkinan perombakan itu, Del Bosque justru mengirim sinyal tidak akan menggusur Iker Casillas yang gagal menunjukkan performa gemilang dalam laga melawan Belanda. Del Bosque menegaskan kiper Real Madrid itu telah menunjukkan tanggung jawabnya sebagai kapten meski di sisi lain berkontribusi dalam kekalahan telak yang dialami Tim Matador, sebutan lain Spanyol.

“Casillas selalu memberikan bukti akan komitmen dan tanggung jawabnya sebagai kapten. Saya ingat saat memasuki ruang ganti seusai konferensi pers, dia berbicara kepada rekan-rekan satu timnya sebagai kapten,” kata Del Bosque. (Triyono/JIBI/Solopos)

Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque jelang konferensi pers. JIBI/Rtr/Henry Romero

Pelatih Spanyol Vicente Del Bosque jelang konferensi pers. JIBI/Rtr/Henry Romero

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya