SOLOPOS.COM - Skuat Timnas Chilie di Piala Dunia 2014 Brasil. Ist/footballtips.com

Solopos.com, SOLO—Pertandingan grup B Piala Dunia 2014 Spanyol vs Chile, menjadi laga pelampiasan bagi Tim Matador. Pelatih Timnas Indonesia U-23, Aji Santoso memprediksi Spanyol akan main habis-habisan Kamis (19/6/2014) pukul 02.00 WIB nanti.

Ini Analisa Aji Santoso kepada Solopos.com, Selasa  (16/6/2014):

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Setelah dibantai Belanda 1-5 pada laga perdana Grup B, tak ada alasan bagi Spanyol untuk tidak mencari kemenangan. Bahkan tidak hanya kemenangan saja, saya rasa Spanyol juga bakal menjadikan Chile yang menjadi lawan mereka sebagai ajang pelampiasan dendam.

Pada laga kedua mereka, saya rasa semangat itu yang melandasi permainan skuat Matador. Menghadapi Chile, saya rasa Spanyol akan menggila. Alasannya cukup masuk akal karena dari segi kualitas pemain, Spanyol jelas lebih unggul dibandingkan Chile. Meski dihancurkan Belanda di laga pembuka grup, menurut saya, lini tengah Spanyol tetap yang terbaik di dunia saat ini.

Hanya saja, mereka perlu mewaspadai lini belakang dan depan mereka. Lini belakang terlihat bergitu rapuh saat menghadapi Belanda lalu. Duet Gerrard Pique dan Sergio Ramos begitu mudah ditembus. Selain itu, keduanya juga terlalu tempramental dalam melakukan penjagaan. Inilah yang kerap menjadi blunder bagi keduanya.

Begitu pula lini depan, saya rasa kelemahan Spanyol saat ini ada pada sektor ujung tombak. Dengan memakai pola false nine, sudah seharusnya Spanyol memiliki sosok goal getter yang haus gol. Tapi itu tak saya temukan dalam diri penyerang-penyerang Spanyol macam Diego Costa dan Fernando Torres. Jika ingin mencetak banyak gol, cara satu-satunya adalah dengan memaksimalkan peran gelandang. Dengan begitu, striker utama nantinya hanya berperan sebagai penyerang bayangan saja. Itu pun juga tetap harus memiliki naluri mencetak gol yang tinggi.

Meski begitu, bukan berarti Chile lantas tak punya peluang. Menurut saya, Chile masih akan bertumpu pada peran sentral Alexis Sanchez. Penyerang Barcelona yang menjadi incaran banyak klub itu sudah pasti akan menjadi andalan di lini depan Chile. Terlebih, Sanchez punya banyak pengalaman berlaga di liga Spanyol. Perlu diakui, Sanchez tahu banyak tentang permainan Spanyol.

Kemenangan 3-1 atas Australia lalu, saya yakin akan menjadi modal penting bagi mereka untuk mempertahankan tren positif itu. Kuncinya hanya satu, kolektivitas permainan mereka terjaga, dan beberapa pemain kunci macam Arturo Vidal dan Sanchez bisa tampil maksimal.

Tapi jika diminta untuk menilai mana yang akan unggul dalam laga tersebut, sudah seharusnya jika saya lebih mengunggulkan Spanyol dengan selisih satu gol saja.”

Spanyol vs Chile dalam angka sebagaimana dikutip Opta dan Bet Fair

0—Chile tidak pernah mampu mengalahkan Spanyol dalam 10 pertemuan mereka sebelumnya (dua kali imbang, delapan kali kalah). Spanyol tidak pernah menelan kekalahan back to back pada laga internasional sejak Oktober 2006.

1—Spanyol hanya menang sekali dalam lima laga internasional terakhir mereka di tempat netral (dua kali kalah dan dua kali imbang). Satu-satunya kemenangan itu terjadi ketika mereka mengalahkan El Salvador 2-0 di Washington, awal bulan ini.

2—Spanyol menang dalam dua laga terakhir mereka melawan Chile di panggung Piala Dunia, yakni menang 2-0 (1950) dan menang 2-1 (2010). Pertemuan mereka di Piala Dunia 1950 juga terjadi di Maracana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya