SOLOPOS.COM - Timnas Spanyol (Dok/JIBI)

Live Kamis (19/6/2014) pukul 02.00 WIB ANTV/TVOne

Solopos.com, RIO DE JANEIRO—Pertadniang nGrub B Piala Dunia 2014 Spanyol vs Chile merupakan laga hidup mati, bagi Spanyol. Prediksi Spanyol vs Chile lebih banyak mengunggulkan La Furia Roja.

Promosi Komeng Tak Perlu Koming, 5,3 Juta Suara sudah di Tangan

Spanyol wajib bangkit dari tragedi kekalahan 1-5 dari Belanda ketika bertemu Chile pada laga kedua Grup B, Piala Dunia 2014, di Stadion Maracana, Rio de Janeiro, Brasil, Kamis (19/6/2014) pukul 02.00 WIB.

Berkaca di Piala Dunia 2010 lalu, Spanyol sebenarnya tidak perlu khawatir dengan kekalahan di laga perdana dalam turnamen terpopuler di dunia ini. Empat tahun lalu, tim berjuluk La Furia Roja juga kalah di laga pembuka, yakni takluk 1-0 di tangan Swiss, sebelum akhirnya bangkit untuk menyabet trofi Piala Dunia pertamanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Di Euro 2012, laga perdana Spanyol juga tak berjalan mulus lantaran ditahan imbang Italia. Namun lagi-lagi Tim Matador bangkit untuk meraih trofi di turnamen besar.

Hanya, situasi sangat berbeda terjadi di Piala Dunia 2014. Kekalahan dari Belanda dengan skor telak itu tak hanya meremukkan kepercayaan diri Iker Casillas dkk. namun filosofi tiki-taka (mengandalkan penguasaan bola dan memakai pressing ketat dengan umpan-umpan pendek) yang menjadi karakter Spanyol dianggap mulai ketinggalan zaman.

Pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, akan mendapatkan tekanan untuk melakukan perubahan dalam staring XI dalam timnya. Maklum, penampilan Sergio Ramos dkk. benar-benar memalukan ketika dibantai habis-habisan oleh pasukan Louis van Gaal di Salvador, akhir pekan lalu.

Rombak Tim
Dalam wawancaranya kepada sejumlah media, Del Bosque pun telah mengisyaratkan perombakan itu. Namun, sepertinya perubahan hanya akan terjadi dalam dua satu tiga posisi saja.

Salah satu pemain yang paling mendapat sorotan adalah kiper Iker Casillas. Santo Iker, julukan Casillas, melakukan keteledoran dalam laga sebelumnya, termasuk ketika gagal menghalau gol Robin van Persie dan Arjen Robben.

Namun, Del Bosque agaknya akan tetap mempertahankan Casillas sebagai orang nomor satu di bawah mistar Spanyol ketika meladeni L a Roja, julukan Chile. Kehadiran kiper Real Madrid itu juga dibutuhkan karena perannya yang menyandang ban kapten La Furia Roja. Selain itu, seperti dilansir Daily Mail, kiper nomor dua Spanyol, David de Gea, sedang diterpa cedera kaki.

Ancaman pencoretan pemain bakal menyasar ke barisan pertahanan. Del Bosque kemungkinan akan menurunkan gelandang bertahan Javi Martinez untuk menggantikan salah satu posisi sentral bek, Sergio Ramos dan Gerard Pique yang kedodoran ketika meladeni serangan cepat Belanda.

Perubahan sepertinya juga akan menerpa barisan tengah. Gelandang berusia 34 tahun, Xavi, sepertinya harus rela duduk di bangku cadangan dan menyerahkan posisinya kepada gelandang yang lebih muda, Koke, yang berusia 22 tahun. Di bagian depan, David Silva, sepertinya juga akan menjadi korban pencoretan dan digantikan dengan Pedro Rodriguez.

“Ada hal-hal yang tak berjalan dengan baik seperti yang kami inginkan [ketika melawan Belanda], namun tim ini kuat dan kompak, dengan banyak gairah untuk bermain di laga berikutnya. Chile akan menjadi lawan yang sangat sulit namun jika kami bermain engan intensitas dan bisa menunjukkan lebih, maka kami tahu itu akan menjadi kunci [mengalahkan Chile],” urai Koke, dilansir Reuters, Selasa (17/6).

Spanyol membutuhkan kemenangan atas Chile demi mengamankan langkah mereka lolos ke fase berikutnya. Namun La Roja, julukan Chile, berpotensi memulangkan juara bertahan secepat mungkin dari Brasil. Alexis Sanchez dkk. mengandaskan Australia 3-1 pada laga perdananya di Piala Dunia 2014.

Hanya, rekor pertemuan Chile melawan Spanyol tidak terlalu bagus, di mana mereka pernah kalah 1-2 di Piala Dunia 2010. Dalam dua laga persahabatan terakhir, La Roja juga menelan kekalahan 2-3 pada September 2011 dan bermain imbang 2-2 pada September 2013.

“Kami bermain beberapa kali melawan Spanyol. Ini akan menjadi masalah hidup-mati bagi mereka dan sebuah akhir cerdas bagi kami karena sebuah kemenangan otomatis akan membuat kami lolos ke babak berikutnya,” terang penyerang Chile, Esteban Paredes kepada situs resmi Federasi Sepak Boal Chile, anfp.cl

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya