SOLOPOS.COM - Ini dia tim nasional Belanda yang akan berlaga di Pila Dunia Brasil 2014. (Ist/thesun.co.uk)

Live ANTV/TV ONE, Sabtu (14/6/2014) Pukul 02.00 WIB

Solopos.com, BAHIA—Belanda bertekad menebus kesalahan mereka di Afrika empat tahun silam saat kembali dipertemukan dengan Spanyol di Arena Fonte Nova, Salvador, Bahia, Brasil, Sabtu (14/6/2014) dini hari WIB nanti.

Promosi Keturunan atau Lokal, Mereka Pembela Garuda di Dada

Takdir mempertemukan kembali finalis Piala Dunia 2010 tersebut di laga perdana Grup B, Piala Dunia 2014 di Brasil. Fans Belanda masih diliputi trauma ketika tim kesayangan mereka dipecundangi Spanyol di Johannesburg, Afrika Selatan, lewat gol gelandang serang Barcelona, Andres Iniesta di babak perpanjangan waktu.

Duel itu berlangsung panas dengan diwarnai delapan kartu kuning dan satu kartu merah untuk Belanda, serta lima kartu kuning untuk La Furia Roja, julukan Spanyol.

Namun pelatih Belanda, Louis Van Gaal, kali ini tidak akan membiarkan De Oranje, julukan Belanda, menjadi pecundang di hadapan Spanyol. Eks arsitek Barcelona tersebut bahkan sepertinya akan rela mengenyampingkan konsep permainan menyerang total football yang menjadi trade mark Belanda selama ini.

Terbukti Van Gaal terlihat semakin mantap meninggalkan pakem favoritnya 4-3-3 untuk beralih ke formula 5-3-2 sejak dihajar Prancis 0-2 dalam laga persahabatan, Maret lalu. Untuk memuluskan skenario itu, De Oranje menumpuk lima defender di lini belakang. “Kami ingin membuat ruang sempit untuk para penyerang Spanyol,” jelas Van Gaal, dilansir dilansir Yahoosports, Kamis (12/6).

Trio Andalan

Dengan skema 5-3-2, Belanda bisa mengandalkan trio pemain bernaluri menyerang, Robben, Van Persie dan Wesley Sneijder untuk melakukan serangan balik. Counter-attack itu bisa dipakai mereka untuk menjadi senjata menyakiti Spanyol yang identik dengan filosofi menguasai bola dan mengandalkan umpan-umpan pendek akurat alias tiki-taka.

“Saya tidak berpikir kami bisa bermain tiki-taka atau sepak bola cantik untuk saat ini. Di akhir laga, semuanya akan bergantung pada hasil. Serangan balik adalah senjata yang sangat berbahaya, itu yang tentu akan kami pakai dalam turneman ini,” jelas Robben yang gagal memanfaatkan peluang emas di final empat tahun lalu.

Pelatih Spanyol, Vicente del Bosque, tetap menganggap skema lima bek yang mungkin bakal dipasang Belanda bisa tetap menyulitkan timnya. “Mereka juga bisa bermain dengan empat bek dan dua pemain bebas [posisi], Mereka kuat dalam memecah kebuntuan,” sambung Del Bosque, dilansir Marca.

Del Bosque tak perlu khawatir. Sebab mantan bos Real Madrid itu bisa mempercayakan Xabi Alonso dan Sergio Busquets untuk berjaga-jaga apabila Robben dkk. bakal memakai konsep serangan balik. Sementara di lini depan, Del Bosque siap mengandalkan muka baru, Diego Costa.

Penyerang kelahiran Brasil itu akan membawa panji La Furia Roja di tanah leluhurnya setelah membuktikan keampuhannya menyarangkan 36 gol di semua kompetisi bersama Atletico Madrid musim 2013/2014.

“Setiap hari saya merasa lebih baik. Saya merasa termotivasi, saya pikir saya sudah 100 persen dan siap,” jelas Costa yang sebelumnya dihantui cedera hamstring.

Spanyol Vs Belanda
Stadion Itaipava Arena Fonte Nova (Salvador, Bahia)
Wasit : Nicola Rizzoli (Italia)

Spanyol (4-3-3) Pelatih : Vicente del Bosque
Casillas
Juanfran, Ramos, Pique, Alba
Xavi, Busquets, Alonso
Iniesta, Costa, Silva
Cadangan: Reina, De Gea, Raul Albiol, Martinez, Azpilicueta, Koke, Fabregas, Cazorla, Pedro, Mata, Torres, Villa

Belanda (5-3-2) Pelatih : Louis van Gaal
Cillessen
Janmaat, Vlaar, De Vrij, Martins Indi, Blind
De Jong, Sneijder, De Guzman
Van Persie, Robben
Cadangan: Fer, Cillessen, Wijnaldum, Lens, Huntelaar, Kuijt, Veltman, Depay, Vorm, Verhaegh, Kongolo, Krul

3 Pertemuan Terakhir
12/07/2010 Piala Dunia Belanda 0 – 1 (Extra Time) Spanyol
27/03/2002 Persahabatan Belanda 1 – 0 Spanyol
15/11/2000 Persahabatan Spanyol 1 – 2 Belanda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya