SOLOPOS.COM - Mandzukic (tengah)dihadang dua pemain Kamerun dalam laga Grup A. Ist/dtc

Solopos.com, MANAUS — Kamerun angkat koper dari Brasil, sementara Kroasia menghidupkan peluangnya untuk lolos dari babak grup Piala Dunia 2014. Pada pertandingan kedua Grup A, Kroasia menghajar Kamerun dengan skor 4-0.

Bertanding di Arena Amazonia, Manaus, Kamis (19/6/2014) pagi WIB, Kroasia unggul satu gol pada babak pertama. Gol tersebut tercatat atas nama Ivica Olic.

Promosi Nusantara Open 2023: Diinisiasi Prabowo, STY Hadir dan Hadiah yang Fantastis

Tapi, diusirnya Alex Song pada babak pertama memudahkan Kroasia untuk menggempur Kamerun setelah turun minum. Hasilnya, Kroasia mencetak tiga gol tambahan melalui Ivan Perisic dan dua gol Mario Mandzukic.

Dengan hasil ini, Kroasia menempati posisi ketiga klasemen Grup A dengan poin tiga, di bawah Brasil dan Meksiko yang sama-sama punya poin empat. Sementara itu, Kamerun yang berada di posisi terbawah dipastikan tersingkir karena belum mendapatkan poin.

Seperti dilansir detiksport, Kroasia membobol gawang Kamerun melalui peluang pertama yang mereka dapatkan. Pada menit ke-11, Olic sukses menuntaskan umpan matang Perisic menjadi gol.

Lima menit kemudian, Olic nyaris mencetak gol lagi. Tapi, sontekannya dari jarak dekat digagalkan kiper Kamerun, Charles Itandje.

Ivan Rakitic menjajal peruntungannya lewat tembakan jarak jauh. Akan tetapi, percobaan pemain baru Barcelona itu bisa diantisipasi Itandje.

Memasuki menit ke-36, peluang yang didapat Perisic tak berbuah gol. Sundulannya meneruskan tendangan sudut Rakitic masih melambung.

Kamerun harus bermain dengan sepuluh pemain sejak menit ke-40. Song diganjar kartu merah langsung karena mengasari Madzukic dalam sebuah insiden tanpa bola.

Kamerun punya kans untuk menyamakan skor di injury time babak pertama. Namun, tembakan Vincent Aboubakar dari luar kotak penalti melayang di atas mistar.

Perisic menggandakan keunggulan Kroasia menjadi 2-0 ketika babak kedua belum genap berusia tiga menit. Memanfaatkan kesalahan Itandje, dia melakukan aksi solo run di sisi kiri sebelum menusuk ke kotak penalti dan menjebol gawang Kamerun lewat tembakan ke tiang dekat.

Mandzukic membuang peluang emas yang dia peroleh pada menit ke-50. Umpan terobosan Sammir membuatnya langsung berhadapan dengan kiper Kamerun, tapi penyelesaiannya malah melebar.

Mandzukic benar-benar mencetak gol ketika laga memasuki menit ke-61. Sundulannya meneruskan sepak pojok Danijel Pranjic membawa Kroasia memimpin 3-0.

Skor berubah menjadi 4-0 untuk keunggulan Kroasia pada menit ke-73 setelah Mandzukic kembali mencatatkan namanya di papan skor. Tembakan Eduardo bisa ditepis Itandje, tapi Mandzukic berada di posisi yang tepat untuk mencocor si kulit bundar ke dalam gawang.

Rakitic nyaris mencetak gol kelima Kroasia pada menit ke-88. Menerima operan Ante Rebic, dia mencoba melewati Itandje. Tapi, bola malah lebih dulu keluar lapangan sebelum dia sempat menembak.

Usaha Kamerun melesakkan satu gol hiburan tak membuahkan hasil. Sundulan Pierre Webo bisa dimentahkan oleh kiper Kroasia, Stipe Pletikosa. JIBI/Solopos

Susunan Pemain
Kroasia:
Pletikosa; Srna, Corluka, Lovren, Pranjic; Rakitic, Modric; Perisic (Rebic 78′), Sammir (Kovacic 72′), Olic (Eduardo 69′); Mandzukic

Kamerun: Itandje; Matip, Nkoulou, Chedjou (Nounkeu 46′), Assou-Ekotto; Song; Choupo-Moting (Salli 75′), Enoh, Mbia, Moukandjo; Aboubakar (Webo 70′)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya