SOLOPOS.COM - Pemain Brasil tengah berlatih (Dok/JIBI)

Solopos.com, FORTALEZA— Brasil dan Meksiko yang bersaing di Grup A akan saling berebut menjadi tim pertama yang memastikan lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2014 apabila mampu menang di The Castelao Arena, Fortaleza, Brasil, Rabu (18/6/2014) pukul 02.00 WIB.

Menilik rekor pertemuan kedua tim, Selecao, julukan Brasil, tampak difavoritkan ketimbang Meksiko untuk lolos terlebih dahulu ke babak 16 besar. Namun, pasukan Luiz Felipe Scolari akan bermain dengan penuh risiko di duel ini. Pemain utamanya, Neymar, terancam absen di laga berikutnya apabila mendapat kartu kuning di duel melawan El Tri, julukan Meksiko.

Promosi Isra Mikraj, Mukjizat Nabi yang Tak Dipercayai Kaum Empiris Sekuler

Di laga pembuka melawan Kroasia, bintang Barcelona itu diganjar kartu kuning wasit Yuichi Nishimura, karena dianggap melakukan pelanggaran terhadap Luka Modric pada menit ke-26. Akibatnya, Neymar bakal absen di laga berikutnya apabila kembali mendapat satu kuning lagi di Fortaleza.

Absennya Neymar tentu bakal menjadi kekhawatiran tersendiri bagi Scolari. Maklum, pemuda berusia 22 tahun ini memang menjadi tulang punggung Selecao di Piala Dunia 2014 yang digeber di negara mereka. Neymar pun telah membuktikan layak mendapat tanggung jawab besar itu ketika berhasil memborong dua gol Brasil ketika mengalahkan Kroasia 3-1 di laga pembuka Piala Dunia 2014, pekan lalu. Meski demikian, Neymar mengklaim tidak akan terpengaruh dengan ancaman hukuman akumulasi kartu itu.

“Saya tidak khawatir, saya akan bermain untuk menang pada laga kedua [melawan Meksiko]. Saya akan bermain seperti laga normal. Jika memulai laga ini dengan memikirkan itu, maka akan menjadi buruk,” beber Neymar, seperti dilansir sambafoot.com, Senin (16/6).

Neymar memiliki alasan kuat untuk tetap turun dan menyuguhkan kemenangan di duel ini. Pemain yang memborong dua gol ke gawang Kroasia pada laga pembuka Piala Dunia 2014 tersebut menjadi bagian skuat Brasil U-23 ketika dipecundangi Meksiko U-23 di final Olimpiade 2012 di London.

Dalam duel pamungkas di turnamen multievent tersebut, tim muda Selecao yang juga diperkuat Oscar dan Hulk gagal meraih medali emas karena kalah dengan skor 1-2. Neymar dkk. memang telah melampiaskan dendam mereka atas Meksiko pada level senior, ketika bertemu di Piala Konfederasi tahun lalu. Meski demikian, kegagalan di Olimpiade sepertinya masih membayangi ketiga pilar Negeri Samba itu hingga kini.

“Itu salah satu yang menyakitkan, itu sebuah gelar yang tak kami miliki,” urai Oscar, dilansir Yahoosports.

Namun bek sekaligus kapten Meksiko, Rafael Marquez, takkan membiarkan trio pilar Selecao itu menjebol gawang El Tri.“Kami tahu talenta Neymar, Oscar, Hulk, namun kami akan mencoba menangani mereka,” urai mantan bintang Barcelona itu.

Penyerang El Tri, Oribe Peralta, bisa menjadi momok bagi Brasil di Fortaleza setelah dirinya melesakkan satu-satunya gol ke gawang Kamerun. Kebetulan, Peralta juga yang melesakkan dua gol Meksiko U-23 ke gawang Brasil pada final Olimpiade 2012 lalu. Selain itu, masih ada pemain Meksiko lain yang berbahaya, seperti Giovanni Dos Santos. (Hanifah Kusumastuti/JIBI/Solopos)

Brasil Vs Meksiko
Live ANTV/TV ONE, Rabu (18/6) Pukul 02.00 WIB
Stadion The Castelao Arena
Kapasitas : 60.348
Wasit : Cuneyt Cakir (Turki)
 
• Brasil (4-2-3-1)
– Pelatih : Luiz Felipe Scolari
– Cesar, Alves, Luiz, Silva, Marcelo, Paulinho, Luiz, Gustavo, Hulk, Oscar, Neymar, Fred
– Cadangan: Hernanes, Bernard, Ramires, Jefferson, Fernandinho, Dante, Maxwell, Henrique, Willian, Jo, Victor, Maicon
 
Meksiko (5-3-2)
– Pelatih: Miguel Herrera
– Ochoa, Aguilar, Rodriguez, Marquez, Moreno, Layun
Herrera, Vazquez, Guardado,
Dos Santos, Peralta
– Cadangan: Fabian, Hernandez, Salcido, Corona, Reyes, Jimenez, Pulido, Talavera, Ponce, Brizuela, Aquino, Pena
 
• Pertemuan Terakhir di Laga Kompetitif

20/06/2013 PialaKonfederasi  Brasil     2 – 0       Meksiko
28/06/2007         Copa America    Brasil     0 – 2       Meksiko

20/06/2005         Piala Konfederasi             Meksiko        1 – 0       Brasil

Pemain Brasil Neymar (Ka) dan kawannya Dani Alves berbincang saat berlatih. JIBI/Reuters/Sergio Mor

Pemain Brasil Neymar (Ka) dan kawannya Dani Alves berbincang saat berlatih. JIBI/Reuters/Sergio Mor

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya