SOLOPOS.COM - Ini dia tim nasional Belanda yang akan berlaga di Pila Dunia Brasil 2014. (Ist/thesun.co.uk)

Solopos.com, PORTO ALEGRE- Prediksi Australia vs Belanda didominasi kemenangan besar De Oranje–julukan Belanda dalam pertandingan gru A Piala Dunia 2014.

Setelah membantai juara bertahan Spanyol di laga pembuka Piala Dunia 2014, langkah Belanda semestinya menjadi lebih ringan saat berhadapan dengan Australia.

Promosi Tragedi Bintaro 1987, Musibah Memilukan yang Memicu Proyek Rel Ganda 2 Dekade

Namun, De Oranje tetap harus mewaspadai Australia yang bisa jadi bakal menghentikan hujan gol mereka dalam laga kedua Grup B di Stadion Beira Rio, Porto Alegre, Rabu (18/6/2014) malam. Belanda telah mengejutkan dunia dengan kemenangan telak 5-1 atas Spanyol pada laga pembuka dengan gol sensasional Robin van Persie dan dua gol yang dikemas Arjen Robben.

Bersama dua pemain andalan yang memiliki misi mengejar predikat sebagai bintang Piala Dunia itu, Oranje tampaknya akan menyulitkan pergerakan Australia. “Ini permulaan yang mengagumkan untuk langkah kami di Piala Dunia. Saya rasa kami telah membuat banyak orang sangat gembira,” ujar Van Persie, seperti dilansir Reuters, Selasa (16/6).

Ekspedisi Mudik 2024

Kendati telah mengawali pertempuran Piala Dunia dengan hasil gemilang, striker Manchester United itu menilai pertandingan melawan The Socceroos, julukan Timnas Australia, tak akan semulus saat mereka membantai Spanyol.

Pasalnya, pasukan Ange Postecoglou itu memiliki gaya permainan berbeda dengan taktik tiki-taka milik La Furia Roja, julukan Spanyol, yang telah berhasil mereka pecahkan.

“Australia punya gaya berbeda dan saya rasa kami harus menyesuaikan permainan kami untuk mengalahkan mereka. Ini adalah proses yang menarik, harus menyesuaikan pola permainan Anda setiap saat,” ulas Van Persie.

Kemenangan atas Socceroos akan membuat tim yang selalu gagal merebut trofi juara di tiga laga final Piala Dunia itu memijakkan kaki di babak 16 besar. Setelah melibas Spanyol, skuat polesan Louis van Gaal itu telah membuktikan mampu kembali menerapkan total football seperti masa kejayaan Belanda masa lalu.

Percaya Diri
Sementara, skuat Socceroos harus segera bangkit dari keterpurukan setelah menelan kekalahan 1-3 dari Chile di laga perdana mereka. Mimpi mereka untuk lolos dari fase grup bisa kandas seketika jika lagi-lagi kehilangan poin saat bertemu Belanda.

“Kami hanya harus lebih percaya diri dan menunjukkan bahwa kami bisa bermain sepak bola seperti yang kami lakukan di 70 menit pertama [saat lawan Chile]. Chile adalah tim kelas dunia dan mereka tidak bisa menangani kami saat itu,” kata striker Australia, Matthew Leckie.

“Jika dapat melakukan itu dengan bagus dan hebat, melawan tim apa pun tidak akan masalah, justru mereka [Belanda] yang akan mendapatkan masalah,” imbuh dia.

Meski tampil tanpa bek Ivan Franjic yang absen karena cedera hamstring, Australia harus tampil maksimal. Defender Shandong Luneng Taishan, Ryan McGowan, telah dipanggil untuk menggantikan posisi Franjic karena Socceroos tak memiliki cadangan bek kanan.

Sejauh ini, Australia belum pernah kalah dari Belanda sehingga mereka tentu bisa lebih percaya diri menatap perjumpaan di Grup B kali ini. Pada pertemuan sebelumnya, Socceroos mampu dua kali menahan imbang skuat Oranje dan bahkan merebut kemenangan 2-1 di Eindhoven, 2008 silam.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya