SOLOPOS.COM - Pemain Brasil Hernanes (kiri), Neymar dan Fred (kanan) berselebrasi seusai ciptakan gol. (JIBI/Solopos/Reuters/Ivan Al)

Solopos.com, SAO PAULO — Brasil mengawali kiprahnya di Piala Dunia 2014 dengan kemenangan. Selecao mengalahkan Kroasia pada laga pembuka dengan skor 3-1. Neymar jadi bintang lewat dua golnya.

Tampil di Arena Corinthians, Sao Paulo, Jumat (13/6/2014) pagi WIB, Brasil menguasai permainan. Mereka unggul penguasaan bola 61:39.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Brasil juga menciptakan lebih banyak peluang. Mereka melepaskan 14 tembakan dan enam di antaranya mengarah ke gawang. Sementara itu, Kroasia membuat 10 percobaan mencetak gol dan tiga di antaranya tepat sasaran.

Seperti dilansir detiksport, meskipun lebih banyak bertahan, Kroasia lebih dulu unggul. Mereka memimpin setelah Marcelo membuat gol bunuh diri.

Ekspedisi Mudik 2024

Tapi, sebelum babak pertama berakhir, Brasil menyamakan kedudukan. Tembakan Neymar bersarang di gawang Kroasia dan membuat skor jadi 1-1.

Brasil mencetak dua gol tambahan pada paruh kedua. Penalti Neymar membawa mereka berbalik unggul sebelum akhirnya Oscar mencetak gol di menit-menit akhir.

Kemenangan ini mengantarkan Brasil ke puncak klasemen Grup A dengan tiga poin. Kroasia yang punya poin nol berada di posisi terbawah.

Kroasia unggul ketika laga berusia 11 menit melalui gol bunuh diri Marcelo. Olic mengirimkan umpan silang dari sisi kiri dan Marcelo secara tak sengaja membelokkan bola ke gawangnya sendiri.

Brasil akhirnya berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-29. Neymar yang menguasai bola di depan kotak penalti Kroasia melepaskan tembakan mendatar yang mengarah ke pojok bawah gawang.

Brasil terus menyerang di sisa babak pertama. Namun, hingga turun minum, skor 1-1 tak mengalami perubahan.

Tempo pertandingan menurun pada menit-menit awal babak kedua. Alhasil, tak ada peluang berarti yang didapat oleh kedua tim.

Brasil memperoleh kesempatan pada menit ke-67 melalui tendangan bebas Dani Alves. Namun, sepakan Alves masih sedikit melambung di atas gawang Kroasia.

Berselang dua menit, Brasil mendapatkan hadiah penalti setelah Fred dilanggar Dejan Lovren di kotak 16. Neymar maju sebagai eksekutor untuk tendangan 12 pas ini. Meski tembakannya bisa dijangkau oleh Pletikosa, bola tetap melaju ke dalam gawang.

Brasil memantapkan kemenangannya lewat gol yang dicetak Oscar di injury time. Dalam sebuah serangan balik, tembakan kaki kanan Oscar dari luar kotak penalti tak bisa dijangkau Pletikosa dan menembus gawang Kroasia. (JIBI/SOLOPOS)

Susunan Pemain
Brasil:
Cesar; Dani Alves, Thiago Silva, David Luiz, Marcelo; Paulinho (Hernanes 63′), Luiz Gustavo; Hulk (Bernard 68′), Oscar, Neymar (Ramires 88′); Fred

Kroasia: Pletikosa; Srna, Corluka, Lovren, Vrsaljko; Modric, Rakitic, Perisic, Kovacic (Brozovic 61′); Olic, Jelavic

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya