Ground Clearance Tinggi & Irit, Xpander Cross Cocok Libas Semua Jenis Jalan
Xpander Cross (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Xpander Cross menjadi strategi Mitsubishi untuk bersaing di segmen low SUV di Indonesia. Di banding Xpander biasa, Cross dirancang dengan ground clearance yang sedikit lebih tinggi dan sejumlah fitur khas SUV.

Gebrakan Mitsubishi di pasar low SUV (Sport Utility Vehicles) memang tak main-main. Mitsubishi memoles Xpander dengan sentuhan SUV yang diberi nama Xpander Cross.

Xpander Cross tetap mengadopsi kenyamanan Xpander dengan kemampuan melibas jalan yang cukup mumpuni. Selain itu, Xpander Cross seolah melengkapi trim Xpander yang belum ada sebelumnya.

Mitsubishi Xpander Cross dirancang dengan pelek R17 dan ground clearance 225 milimeter. Ground clearance ini lebih tinggi dari pesaingnya seperti Terios dan Rush, bahkan saudara tuanya, Pajero Sport.

Hal tersebut memberi sedikit ruang Xpander Cross untuk bermain di area off road ringan, serta mengurangi kekhawatiran saat melintas di jalan berlubang.
Pemilihan profil tebal pada ban juga mampu memberikan efek redaman yang baik saat terpaksa melintas di jalan rusak atau berlubang.

Rancang bangun Xpander Cross memakai sasis monocoque. Sasis jenis ini dikenal lebih nyaman dibanding dibanding ladder frame yang dipakai sejumlah kompetitornya di segmen low SUV.

Untuk perjalanan jarak jauh, Xpander Cross tentu terasa lebih nyaman. Apalagi mobil ini tak meninggalkan karakter suspensi Xpander yang sudah diakui kenyamanannya. Hanya saja, karakter suspensi dibuat sedikit lebih kaku untuk pengendalian yang lebih baik.

Terbukti, stabilitas Xpander Cross terasa lebih mantap berkat penyesuaian suspensi dan spek ban yang lebih lebar. Kesan limbung tidak muncul sehingga penumpang masih terasa nyaman seperti Xpander versi reguler.

Mesin Bertenaga

Xpander Cross mengandalkan mesin MIVEC (Mitsubishi Innovative Valve timing Electronic Control system ) naturally aspirated 1,5-liter. Tenaga mencapai 105 PS pada 6.000 rpm. Lalu torsi puncak 141 Nm di 4.000 rpm, yang disalurkan melalui penggerak roda depan.

Mengusung mesin gasoline 1.5L MIVEC DOHC 16 valve yang memudahkan pengoperasian dari RPM rendah ke tinggi. Mesin 4A91 Xpander Cross merupakan peningkatan dari seri 4A9, yang mana terdapat peningkatan efisiensi bahan bakar dan kehalusan suara mesin.

Untuk mendukung perjalanan jarak jauh, Xpander Cross membawa peningkatan dari segi kesenyapan kabin. Selain itu, untuk trim yang paling tinggi, Xpander Cross punya pilihan Premium Package khusus transmisi otomatis dengan balutan kursi kulit.

Xpander Cross sama dengan varian Ultimate, hanya berbeda pada skema warna. Xpander Ultimate memakai warna krem beige saja, sedangkan Cross memakai dual tone coklat dan hitam. Bayangkan mirip seperti Xpander varian Sport, namun dikombinasikan dengan warna coklat. Layar infotainment, AC, power outlet dan ruang penyimpanan kabin masih sama baiknya dengan Ultimate.

Ruang interiornya terbaik di kelasnya dengan tata letak yang memungkinkan penumpang masuk dan keluar dengan mudah. Untuk muatan yang sangat besar, jok baris kedua dan ketiga dapat dilipat dengan rata sehingga area penyimpanan besar dan datar tanpa celah.

Pada bagian head unit terdapat audio layar sentuh ukuran 7 inci yang dilengkapi koneksi smartphone. Bepergian bersama keluarga juga semakin nyaman dengan disematkan power outlet pada baris depan, tengah, dan belakang. Plus ruang penyimpanan di bagian bawah jok, seat pocket di belakang kursi, dan ruang penyimpanan serbaguna pada bagian bagasi.

Fitur Keselamatan

Crossover anyar Mitsubishi termahal punya fitur Antilock Braking System (ABS), Brake Assist (BA), Electronic Brake force Distribution (EBD). Ditambah Active Stability Control (ASC) serta Hill Start Assist (HSA). Sedang peranti pasif, beberapa di antaranya: Supplemental Restraint System (SRS) Airbag, sabuk keselamatan dengan Pretension, berikut Force Limiter.

Lalu ISOFIX atau pengait pada kursi baris kedua untuk mengunci bangku anak-anak. Active Stability Control juga tersedia, guna mencegah terjadinya over steer ataupun under steer saat manuver. Termasuk struktur rangka bodi RISE (Reinforced Impact Safety Evolution) andalan Mitsubishi Indonesia.

Cruise control juga menjadi keunggulan yang tak dimiliki lawan. Tinggal tekan tombol di setir selanjutnya atur set ke bawah sesuai dengan kebutuhan laju mobil. Anda pun bisa melesat tanpa injak pedal gas. Kaki lebih relaks dan cukup berjaga di pedal rem guna membatalkan kerja fitur serta menghela kecepatan mobil.

Terakhir soal efisiensi bahan bakar. Perbedaan lingkar roda ternyata membawa pengaruh pada efisiensi penggunaan bahan bakar. Kondisi ini bukan hanya berlaku pada Xpander Cross namun sudah menjadi rumus umum. Pelek yang lebih besar akan menambah efisiensi BBM.

Untuk melihat produk dari Mitsubishi Xpander Cross, lihat link berikut ini.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya





Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho