SOLOPOS.COM - Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/active.com)

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/active.com)

JOGJA—Tim softball putra junior DIY tunduk dari Sulsel dengan skor telak 2-12 di babak final Kejuaraan Nasional Softball Putra dan Putri Junior, Sabtu (17/11/2012) di Manado. Dengan hasil ini DIY menduduki peringkat dua nasional.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Pelatih softball putra junior DIY, Gunawan Pandhu Khallista mengakui para pemainnya kehilangan ketenangan saat babak final. “Seolah-olah demam panggung. Saya mengerti perasaan mereka karena softball DIY sudah lama sekali tidak masuk final. Ibaratnya ini prestasi terbaik tahun ini sehingga mereka pun grogi,” papar dia ketika dihubungi Harian Jogja, Sabtu (17/11/2012).

Pandhu menambahkan, meskipun DIY sempat mengalahkan Sulsel di babak reguler namun secara mental, Sulsel lebih siap. Secara permainan Sulsel menyuguhkan permainan cepat dan semangat seperti biasa. Di atas kertas, DIY seharusnya bisa mengalahkan mereka. Namun DIY lemah di mental juara.

“Karena grogi itu tadi, mereka jadi tidak bisa bermain lepas. Tidak bisa bermain taktis seperti biasa. Bahkan sering melakukan kesalahan yang tidak perlu seperti lemparan ke base satu error,” ungkap dia. Pandhu menambahkan dengan hasil ini ada kekecewaan karena tak bisa membawa pulang juara. Tapi di sisi lain ia merasa bangga karena dengan persiapan yang mepet dua bulan, sudah bisa sejauh ini. Ia yakin, kalau persiapan lebih panjang dan matang, DIY memiliki kans yang besar untuk tampil prima.

“Kami juga terus menggembleng mental bertandinga mereka agar tidak mudah turun dan grogi. Karena kondisi mental itu sangat permainan. Selain teknik yang bagus, harus diimbangi dengan mental yang bagus pula,” jelas dia. Setelah mengalahkan DIY, Sulsel berhak menempati peringkat pertama disusul DIY dan DKI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya