SOLOPOS.COM - Salah satu tanaman bonsai yang dipamerkan di Grebeg Suro 2016 di Taman Patung Macan, kompleks kantor Pemkab Ponorogo, Minggu (25/9/2016). (Abdul Jalil/JIBI/Madiunpos.com)

Grebeg Suro di Ponorogo juga dimeriahkan dengan pameran tanaman bonsai dari berbagai daerah.

Madiunpos.com, PONOROGO — Puluhan tanaman bonsai menghiasi pergelaran Grebeg Suro 2016 yang diselenggarakan Pemkab Ponorogo. Pameran dan kontes tanaman bonsai itu ditempatkan di Taman Patung Macan, kompleks kantor Pemkab setempat pada 25 September-1 Oktober 2016.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Pantauan Madiunpos.com di Taman Patung Macan, Minggu (25/9/2016), puluhan tanaman bonsai itu ditata secara rapi di seputar taman tersebut. Puluhan orang pun berkunjung dan menikmati bonsai dengan berbagai bentuk yang unik. Beberapa pengunjung menjadikan bonsai itu sebagai objek foto dan background foto mereka.

Anggota panitia Pameran Tanaman Bonsai Grebeg Suro 2016, Putut Agus, mengatakan pameran bonsai ini untuk memeriahkan acara Grebeg Suro 2016. Tahun ini, ada puluhan bonsai dengan berbagai jenis yang ditampilkan dalam kontes dan pameran bonsai ini. Puluhan bonsai itu dari berbagai daerah, seperti Ponorogo, Ngawi, Madiun, Magetan, Trenggalek, Tulungagung, dan daerah lainnya.

Agus menyampaikan untuk kontes sudah dilaksanakan da ada 11 tanaman bonsai yang mendapat poin emas. Bonsai yang mendapatkan emas itu karena memiliki beberapa keunggulan seperti keindahan tanaman, keseimbangan tanaman, dan beberapa faktor penilaian lainnya.

“Pameran bonsai ini terbuka untuk umum dan untuk menikmati tanaman itu gratis, tidak dipungut biaya,” kata dia kepada Madiunpos.com.

Dia menuturkan usia tanaman bonsai yang dipamerkan di arena itu beragam, mulai dari usia 5 tahun hingga 25 tahun. Untuk harganya sendiri bervariasi, mulai jutaan rupiah hingga puluhan juta rupiah tergantung keunikan dan aspek estetika dalam tanaman bonsai itu.

Merawat bonsai, bagi dia, tidak sulit, tetapi butuh ketelitian dan kesabaran. Selain itu, untuk membuat tanaman bonsai juga harus memperhatikan faktor estetika dan seni. Sehingga, tanaman bonsai bisa indah dilihat dan unik.

“Ada beberapa jenis tanaman bonsai yang digandrungi masyarakat, seperti tanaman jenis setigi, klampis ireg, serut, jeruk kingkit, sancang, dan beberapa jenis lainnya,” ujar dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya