SOLOPOS.COM - GREBEG SUDIRO (JIBI/SOLOPOS/Dok)

GREBEG SUDIRO (JIBI/SOLOPOS/Dok)

SOLO–Event tahunan Grebeg Sudiro 2012 siap digelar di kawasan Pasar Gede Solo, Minggu (15/1/2012) besok. Sekitar 2.000 peserta bakal berpartisipasi dalam festival yang dihelat dalam rangka memeringati Tahun Baru Imlek di Kota Solo tersebut. Mereka akan mengusung berbagai potensi yang ada di wilayah Kelurahan Sudiroprajan dan sekitarnya.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua Panitia Grebeg Sudiro 2012, Yunanto Nugroho saat ditemui di Kantor Kelurahan Sudiroprajan, Jebres, mengemukakan hingga Sabtu (14/1/2012) siang, persiapan perhelatan tersebut telah mencapai 90 persen. Dimulai dari pemasangan lampion di seluruh kawasan Pecinan dan Pasar Gede beberapa waktu lalu, pendirian panggung di pertigaan Tugu Jam Pasar Gede, hingga gunungan kue keranjang yang akan dikirab sebagai bagian dari acara Grebeg Sudiro 2012 tersebut.

“Yang kami buat beda dibandingkan dengan penyelenggaraan Grebeg Sudiro tahun lalu salah satunya dari kostum peserta. Selain itu, kegiatan ini juga akan dimeriahkan dengan keikutsertaan warga dan kalangan pedagang Pasar Gede, termasuk Paguyuban Pambiwara yang pada saat kirab, rencananya akan turut serta dengan mengusung Codang Loro Blonyo,” beber Yunanto.

Ditambahkannya, kirab akan diikuti sekitar 1.770 orang dari 44 kelompok, termasuk di antaranya kelompok kesenian, kelompok usaha bersama (Kube) dan sebagainya. Dengan digelarnya acara tersebut, lanjut Yunanto diharapkan dapat menjadi simbol adanya pembauran antara dua etnis yang berbeda yang tinggal di lingkungan Sudiroprajan.

“Tidak hanya dari wilayah Kelurahan Sudiroprajan, kami juga mengajak warga dari kelurahan di sekitar Sudiroprajan untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, antara lain dari Kelurahan Jagalan, Kelurahan Kadipiro dan Kelurahan Mojosongo, termasuk 12 kelompok dari 44 kelompok yang akan ikut kirab itu, berasal dari luar Solo,” imbuhnya.

(JIBI/SOLOPOS/Septhia Ryanthie)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya