Ilustrasi kereta api (Youtube)

Solopos.com, SOLO -- PT Kereta Api Indonesia (KAI) memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) ke-74 Kemerdekaan RI dengan menggratiskan tiket kereta api (KA) Prambanan Ekspress (Prameks), KA Batara Kresna, dan KA Kalijaga pada Sabtu (17/8/2019).

Tarif tiket Rp0 untuk KA lokal public service obligation (PSO) Prameks, Kalijaga, dan KA perintis (Batara Kresna) ini sekaligus sebagai sosialisasi gerakan menggunakan transportasi massal kereta api.

Manajer Humas PT KAI Daerah Operasi (Daops) VI Yogyakarta, Eko Budiyanto, PT KAI memberlakukan tiket dengan tarif Rp0 alias gratis untuk KA lokal/komuter PSO (subsidi) dan perintis di seluruh Indonesia.

Di lingkup PT KAI Daops VI Yogyakarta, KA lokal yang gratis bertepatan dengan Dirgahayu RI adalah KA Prameks, KA Kalijaga, dan KA Batara Kresna.

“Masyarakat bisa mendapatkan tiket KA tersebut secara cuma-cuma di loket stasiun keberangkatan secara go show [pada 17 Agustus]. Tiket ini tidak dapat dipesan,” ujarnya kepada wartawan, Rabu (14/8/2019).

Eko menambahkan meski go show, tiket gratis ini harus didapatkan oleh calon penumpang mulai 3 jam sebelum jadwal keberangkatan KA. Sedangkan kuota tiket gratis ini sesuai dengan toleransi kapasitas maksimal masing-masing kereta api.

Sementara untuk penumpang yang telah membeli tiket tiga KA itu jauh-jauh hari dengan tarif normal untuk keberangkatan 17 Agustus, mereka bisa mengambil bea tiket tersebut di stasiun kedatangan penumpang maksimal tiga hari sejak kedatangan KA.

Syaratnya, penumpang harus menunjukkan tiket atau boarding pass atau e-boarding pass ke petugas di stasiun. KA perintis Batara Kresna melayani relasi Solo-Wonogiri pulang pergi (PP).

Sementara Prameks ada tiga relasi, yakni Yogyakarta-Kutoarjo, Yogyakarta-Solo Balapan (PP), dan Kutoarjo-Solo Balapan (PP). KA Kalijaga melayani relasi Solo-Semarang (PP).

Direktur Utama PT KAI Edi Sukmoro melalui pernyataan resmi mengatakan layanan tiket gratis menyambut HUT ke-74 RI ini merupakan kontribusi PT KAI untuk negeri.

“Kami harap masyarakat dapat memanfaatkan semaksimal mungkin promo Rp0 ini dan menjadikan kereta api sebagai moda transportasi andalan bagi masyarakat,”jelasnya.

Tiket Rp0 ini di seluruh Indonesia totalnya berlaku untuk tiket 28 KA yang terdiri atas enam KA perintis dan 22 KA lokal PSO.

Berikut daftar KA dengan tarif Rp0
KA Perintis
1. Batara Kresna, Purwosari – Wonogiri (PP)
2. Kertalaya, Kertapati – Indralaya (PP)
3. Lembah Anai, Lubuk Alung – Kayu Tanam (PP)
4. Cut Meutia, Krueng Geukeuh – Bungkah – Krueng Mane (PP)
5. Minangkabau Ekspres, Bandara Internasional Minangkabau – Padang (PP)
6. LRT Sumsel, Semua relasi

KA Lokal PSO
1. Cibatuan, Purwakarta – Cibatu (PP)
2. Bandung Raya Ekonomi, Kiaracondong – Cicalengka, Cicalengka – Padalarang (PP), Bandung – Cicalengka, Padalarang – Cibatu (PP),Purwakarta – Cicalengka (PP), Padalarang – Bandung (PP), Padalarang – Kiaracondong
3. Sibinuang, Pariaman – Padang (PP)
4. Srilelawangsa, Binjai – Medan (PP)
5. Kedung Sepur, Ngrombo – Semarang Poncol (PP)
6. Prameks, Yogyakarta – Kutoarjo, Yogyakarta – Solobalapan (PP), Kutoarjo – Solobalapan (PP)
7. KRD Ekonomi, Sidotopo – Porong, Surabayakota – Porong (PP), Surabaya Pasarturi – Lamongan (PP)
8. Jenggala, Mojokerto – Sidoarjo (PP)
9. Jatiluhur, Cikampek – Tanjung Priok (PP)
10. Kalijaga, Solobalapan – Semarang Poncol (PP)
11. Dhoho, Blitar – Kertosono – Surabayakota (PP)
12. Penataran, Surabayakota – Malang – Blitar (PP), Blitar – Surabaya Gubeng (PP)
13. Tumapel, Malang – Surabayakota, Surabaya Gubeng – Malang
14. Pandanwangi, Jember – Banyuwangi (PP)
15. Siliwangi, Cianjur – Sukabumi (PP)
16. Patas Merak/Merak Jaya, Merak – Rangkasbitung (PP)
17. Seminung, Kota Bumi – Tanjung Karang (PP)
18. Way Umpu, Kota Bumi – Tanjung Karang (PP)
19. Siantar Ekspres, Siantar – Medan (PP)
20. Cilamaya/Cepat Purwakarta, Purwakarta – Tanjung Priok (PP)
21. Cilamaya/Walahar Ekspres/Ekonomi Lokal, Tanjung Priok – Purwakarta (PP)
22. Ekonomi Lokal, Sidoarjo – Surabaya Pasarturi – Bojonegoro (PP), Surabaya Pasarturi – Sidoarjo (PP), Kertosono – Surabayakota (PP)



Suharsih
Editor:
Suharsih

Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten