SOLOPOS.COM - Sirkuit Formula One Mexico akan kembali jadi ajang grand prix mulai 2015. Ist/formula1.com

Solopos.com, MEKSIKO CITY— Meksiko siap kembali menjadi tuan rumah balapan Formula One (F1) seiring masuknya negara di Benua Amerika ini ke dalam kalender musim 2015 mendatang. Balapan ini direncanakan akan digelar di Autódromo Hermanos Rodríguez, yang terletak di Meksiko City.

“Saya senang bisa mengumumkan kami sepakat akan menggelar balapan F1 di sana pada 2015. Maka dari itu, jangan lewatkan momen ini. Saya kira ini waktu yang tepat bagi F1 dan Meksiko. Saya yakin ini akan menjadi hal yang menguntungkan bagi kedua belah pihak,” tutur CEO F1, Bernie Ecclestone, dilansir Formula1, Kamis (24/7/2014) WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ecclestone menambahkan, grand prix ini akan menempati sirkuit sepanjang 4,421 km. Kali pertama ibu kota Meksiko ini menggelar F1 pada musim 1963 dan berlanjut hingga tujuh musim berikutnya. Sirkuit ini kembali masuk kalender balap jet darat ini pada 1986 hingga musim 1992. Kali terakhir balapan ini dimenangkan oleh pembalap Williams, Nigel Mansell.

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, mitra F1 di GP Amerika Serikat di Austin sekaligus partner yang mengurusi GP Meksiko, Tavo Hellmund, mengatakan betapa tingginya antusiasmenya setelah negosiasi ini selesai.

“Sejak Bernie dan saya mulai kerja sama di Austin, saya bermimpi bisa membawa F1 ke Meksiko. Kami sudah merencanakannya dalam beberapa tahun ini dan akhirnya bisa terwujud. Saya sangat bahagia,” paparnya.

Jika ini terwujud, maka para pembalap asal Meksiko jelas senang. Setidaknya ada dua pembalap F1 yang akan berlaga di kampung halamannya ini. Yakni, pembalap Force India, Sergio Perez dan pembalap Sauber, Esteban Gutierrez.

Dengan kemungkinan besar masuknya Azerbaijan di musim depan, F1 diprediksi akan berlangsung hingga 20 seri. Kecuali mungkin ada tuan rumah yang mengundurkan diri. Namun, bisa jadi balapan akan bertambah panjang menjadi 21 seri jika semua tim menyepakatinya. Tentunya rencana ini mesti disesuaikan dengan kemampuan finansial masing-masing tim. (Farida Trisnaningtyas/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya