Jajaran pengurus Yarsis dan direksi Rumah Sakit Islam Surakarta (RSIS) Yarsis beserta pejabat Pemkab Sukoharjo membuka tirai penutup saat acara grand opening rumah sakit setempat, Rabu (13/11/2019). (Solopos/Bony Eko Wicaksono)

Solopos.com, SUKOHARJO -- Rumah Sakit Islam Surakarta (RSIS) Yarsis di Pabelan, Kartasura, Sukoharjo, menggelar grand opening di rumah sakit setempat, Rabu (13/11/2019).

Dalam kesempatan itu, manajemen RSIS Yarsis mengungkapkan tiga layanan yang menjadi unggulan. Ketiganya yakni bedah paru, jantung, dan pembuluh darah.

RSIS Yarsis bahkan menjadi pilot project rumah sakit bedah toraks dan kardiovaskuler di Jawa Tengah. RSIS memiliki peralatan medis yakni cryosurgery yang hanya dimiliki dua rumah sakit di Indonesia.

3 Mahasiswi Korban Pelecehan Seksual Abdi Dalem Keraton Jogja, Ini Kronologinya

RSIS Yarsis berkomitmen memberikan pelayanan prima terhadap pasien rawat jalan maupun rawat inap. Selain sumber daya manusia (SDM), pelayanan prima terhadap pasien didukung peralatan medis serta sarana dan prasarana yang memadai.

RSIS memiliki cryosurgery yang digunakan untuk menangani terapi bedah kanker. “Hanya dua rumah sakit yang memiliki cryosurgery yakni RSIS dan RS Gading Pluit, Jakarta. Ini layanan unggulan yang tak ada di rumah sakit lain di Jawa Tengah,” kata dokter spesialis bedah thoraks dan kardiovaskular RSIS Yarsis, Prima Kharisma Hayuningrat, kepada Solopos.com.

Tindakan medis cryosurgery saat terapi bedah kanker tak dapat dielakkan. Pasien cukup dibius ringan. Kemudian tim dokter akan menyuntikkan jarum khusus ke sel kanker dengan ketepatan tinggi.

Utari Si Pedagang Cilok Cantik Boyolali Diundang ke Hitam Putih Trans7?

Jarum yang memiliki saluran di tengah ini terhubung dengan alat cryosurgery yang mengalirkan gas pendingin untuk membekukan sel kanker.

Kendati sempat tak digunakan selama lebih dari enam bulan, cryosurgery dan beberapa peralatan medis lainnya dalam kondisi baik.

“Alat itu sudah lama digunakan di RSIS. Saya sudah mengecek kondisi peralatan medis. Kondisinya siap digunakan untuk melayani pasien. Bahkan, banyak pasien yang bertanya kapan rumah sakit beroperasi lagi,” ujar dia.

Teknik cryosurgery memiliki tingkat keberhasilan hingga 95 persen. Penderita kanker stadium III dan IV disarankan memilih tindakan medis cryosurgery yang mampu meminimalkan efek samping kerusakan jaringan di sekitar kanker.

Tim Kuasa Hukum Tyfountex Sukoharjo Siap Buka-Bukaan di Pertemuan Kamis

Selain cryosurgery, ada peralatan medis penunjang operasi bedah pembuluh darah seperti mini cathlab. “Kami siap kembali bekerja melayani pasien seperti beberapa tahun lalu. Peralatan medis bakal kembali difungsikan,” tutur dia.

Ketua Yarsis, Zainal Mustaqim, mengatakan RSIS bakal berlari kencang mengangkat pamor RSIS sebagai rumah sakit primadona di kawasan satelit Solo. Para pasien lama maupun baru terus berdatangan untuk berobat ke rumah sakit.

Zainal menjamin kualitas pelayanan yang diberikan kepada pasien tak berkurang. “Saya memohon maaf karena RSIS belum bisa melayani pasien BPJS. Saya berharap beroperasinya rumah sakit bisa menggembirakan pasien dan keluarga,” tutur dia.

PT KAI Bakal Luncurkan 4 KA Baru, Ini Nama dan Rutenya

Sementara itu, Direktur Utama (Dirut) RSIS Yarsis, Agus Atmanto, menyatakan rumah sakit didukung sarana dan prasarana seperti ruang rawat inap yang memadai. Ada lima bangsal dan Instalasi Gawat Darurat (IGD) RSIS yang digunakan pasien rawat inap seperti Al’arof, Al-Hajj, Al-Kautsar, Annisa dan Al-Qomar.

Sesuai ketentuan klasifikasi rumah sakit tipe C, RSIS menyediakan 100 tempat tidur yang dibagi untuk kelas I, II dan III. “Poliklinik telah dibuka untuk melayani pasien. RSIS memiliki 56 dokter yang terdiri enam dokter umum dan 50 dokter spesialis. Ke depan, tak menutup kemungkinan ada penambahan dokter,” kata dia.

Pantauan Solopos.com, grand opening hari itu dihadiri jajaran pengurus Yarsis dan direksi RSIS, pejabat Pemkab Sukoharjo, perwakilan rumah sakit dan masyarakat. Acara seremoni itu juga dihadiri pimpinan pusat Majelis Tafsir Alquran (MTA), Ahmad Sukina.

 


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten