SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI — Tim Penjinak Bom (Jibom) Gegana Polresta Solo memusnahkan satu unit granat nanas lawas yang ditemukan di Mapolsek Baturetno, Wonogiri, Kamis (29/8/2019).

Pemusnahan dilakukan di kawasan genangan Waduk Gajah Mungkur, Dusun Putuk, Desa Glesungrejo, Kecamatan Baturetno. Lima personel Tim Jibom Gegana Polresta Surakarta ke Mapolsek Baturetno, Kamis sekitar pukul 10.40 WIB.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Tim lalu mengambil granat itu dari ruang tahanan dan dibungkus selimut khusus antiledak. Granat lalu diangkut menggunakan mobil ke lokasi pemusnahan berjarak sekitar lima kilometer dari Mapolsek Baturetno.

“Pemusnahan berjalan lancar dan tidak ada warga menonton di sekitar lokasi,” kata Kasubbag Humas Polres Wonogiri, Iptu Suwondo, mewakili Kapolres Wonogiri, AKBP Uri Nartanti Istiwidayati, kepada Solopos.com, Kamis.

Suwondo menjelaskan granat itu sebenarnya sudah puluhan tahun tersimpan di Mapolsek Baturetno. Namun, keberadaannya selama ini tak diketahui.

Granat nanas itu baru ditemukan saat Polsek Baturetno menggelar bersih-bersih bersama pada 8 Maret 2019 lalu. Saat itu, polisi berusaha memindahkan satu almari senjata di gudang.

Saat dipindah, lemari itu berbunyi “gludak-gluduk” seperti ada sesuatu yang bergerak-gerak. “Saat dibuka ternyata isinya granat nanas. Granat itu lalu disimpan dalam wadah bambu di ruang tahanan,” kata dia.

Anggota Polsek Baturetno Wonogiri lantas mencari tahu asal-usul granat itu. Mereka menghimpun informasi dari sejumlah polisi yang sudah tua termasuk purnawirawan.

Hasilnya diketahui granat itu sudah ada di Mapolsek Baturetno sejak sekitar 1984. Namun, mereka tidak tahu itu siapa pemiliknya dan dari mana granat itu berasal.

“Jadi granat ini diduga sisa masa perang kemerdekaan,” imbuh Suwondo.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya