Grab Gelar Bazar Daring Khusus UMKM, Pasar 4 Kota di Jateng Dilibatkan
Ilustrasi logo Grab. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA — Grab Indonesia menggelar bazar online atau dalam jaringan alias daring yang memberikan promosi khusus bagi 52.000 mitra usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) Grab Food, Grab Mart, Grab Express dan Grab Kios di belasan kota. Grab bahkan bermitra dengan Pemerintah Kota Solo, Kudus, Pati, dan Tegal mengajak 55 pasar tradisional basah untuk masuk dalam platform digital.

Dengan kemitraan itu, pelanggan dapat membeli barang kebutuhan sehari-hari dari 640 pedagang tradisional di Solo, Kudus, Pati, dan Tegal melalui Grab Assistant. Grab dalam waktu dekat juga akan membentuk kemitraan dengan Pemerintah Kota Semarang untuk mengembangkan pariwisata Semarang dan digitalisasi UMKM dalam rangka mewujudkan Smart City.

Country Managing Director Grab Indonesia Neneng Goenadi kembali menekankan komitmen Grab untuk UMKM Indonesia bazar daring yang digelar kali ini sejalan dengan misi Grab For Good untuk memastikan lebih banyak orang dapat menikmati manfaat dari ekonomi digital.

Drama Banget! Istri Sah Grebek Suami Lagi Akad Nikah

Sejauh ini, Grab telah menghadirkan puluhan solusi digitalisasi di Tanah Air yang bekerja sama dengan pemerintah pusat dan 30 pemerintah daerah yang mendapat respons positif dari berbagai pihak.

"Hari ini kami bangga bisa meluncurkan tiga solusi baru untuk terus membantu UMKM beradaptasi dan dapat memasarkan produk mereka dengan lebih efektif dan mudah. Saya mengajak seluruh masyarakat Indonesia saling dukung agar kita semua bisa #TerusUsaha dalam berbagai situasi,” katanya melalui keterangan resmi yang diterima Jaringan Informasi Bisnis Indonesia (JIBI), Senin (26/10/2020).

Neneng menjelaskan bazar daring yang digelar pihaknya akan melibatkan 52.000 mitra merchant UMKM Grab Food, Grab Mart, Grab Express dan Grab Kios di 14 kota Indonesia. Grab menyediakan laman khusus #TerusUsaha dengan banner digital pada aplikasi Grab dan portal www.grabforgood.id yang dapat diklik untuk melihat puluhan ribu produk UMKM, berbelanja, dan menikmati promo, paket dan beragam penawaran khusus pada Bazar Daring Khusus UMKM, mulai 26 hingga 28 Oktober 2020.

4 Film Romantis Jepang Ini Bisa Bikin Kamu Nostalgia

Daftar UMKM dalam aplikasi Grab pelanggan akan disesuaikan berdasarkan lokasi. Menggunakan kode promo “TERUSUSAHA”, pelanggan dapat menikmati potongan harga pada mitra UMKM yang berpartisipasi seperti Grab Food hingga 50%, potongan 20% untuk Grab Mart, dan potongan harga pengiriman hingga 90% menggunakan Grab Express.

Tawarkan Iklan Mandiri

Selain menggelar bazar daring, Neneng mengungkapkan pihaknya juga menawarkan pembuatan Iklan Mandiri untuk Mitra Merchant Grab Food: Grab Ads Ad Manager membantu mitra mengelola iklan untuk ditampilkan di dalam aplikasi Grab hanya dalam waktu tiga menit. Melalui aplikasi Grab Merchant, mitra merchant dapat membuat iklan tanpa harus menyewa desainer dengan menggunakan serangkaian fitur yang tersedia.

"Dengan tiga langkah mudah yakni memilih tipe iklan, memilih target pengguna, dan mengatur anggaran dan periode pemasangan iklan, mitra merchant juga dapat memilih tipe iklan yang diinginkan yakni Banner Ad yang dapat digunakan untuk meningkatkan visibilitas toko virtual melalui penempatan banner di bagian atas halaman muka layanan Grab Food atau Search Ad untuk menjangkau pelanggan yang mencari makanan dalam daftar menu dengan menempatkan toko virtual mitra merchant tersebut pada urutan teratas halaman pencarian," tuturnya.

Drama Youth Ungkap 7 Aktor Pemeran Anggota BTS

Neneng menambahkan dengan harga terjangkau mulai Rp57.000/hari, iklan yang dikelola mitra penjual hanya ditampilkan dalam radius pengantaran. Mitra merchant hanya akan ditagihkan biaya iklan apabila pelanggan Grab mengklik iklan tersebut untuk mengakses menu. Selain itu, mitra merchant dapat memonitor performa iklan lewat laporan yang mudah dimengerti.

Grab juga menyiapkan Klub Juragan Grab Express untuk para mitra berkomunikasi, mengikuti kelas pelatihan atau seminar, dan mendapatkan informasi terkait layanan kurir instan Grab Express. Juga tersedia banyak promo menarik bagi peserta klub ini melalui akun Instagram @KlubJuraganGrabExpress.

"Akun Instagram @GrabMerchantID khusus untuk mitra dan calon mitra merchant Grab Food dan Grab Mart mendapatkan informasi terkait digitalisasi bisnis bersama Grab. Terdapat banyak tips dan informasi menarik yang bisa membantu merchant UMKM mengembangkan bisnis. Ada 1.001 Tips #TerusUsaha yang memberikan berbagai tips bermanfaat bagi UMKM, termasuk pengelolaan media sosial, fotografi, kemasan, dan masih banyak lagi! Hadir tiap minggu di Instagram dan Youtube channel Grab Indonesia," tutup Neneng.

KLIK dan LIKE untuk lebih banyak berita Solopos

Sumber: Bisnis



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom