SOLOPOS.COM - Rio Haryanto.dok

 

SEMARANG-Pebalap nasional Rio Haryanto hanya menempati posisi ke-24 setelah terlibat tabrakan dengan pebalap lain pada sesi “sprint race” seri ketiga lomba balap mobil GP2 Series.

Ekspedisi Mudik 2024

Lomba itu digelar di Sirkuit de Catalunya, Barcelona, Spanyol, Minggu waktu setempat, kata ibunda Rio Haryanto, Indah Pennywati ketika dihubungi dari Semarang, Minggu (12/5/2013).

Ia mengatakan, memasuki tujuh putaran terakhir (dari 26 putaran) mobil Rio tidak bisa bergerak karena terjepit mobil peserta lain dari depan dan belakang.

Menurut dia, mobil pebalap di belakang Rio mepet ke depan sedangkan dua mobil yang ada di depan Rio terlihat mengerem dengan mendadak sehingga mobil Rio sempat menabrak mobil depannya dan sempat naik ke mobil pebalap di depannya.

“Akibatnya banyak kerusakan dari mobil kedua belah pihak (baik Rio dan pebalap yang ada di depannya). Sayang sekali dengan kejadian tersebut tetapi Rio tidak bersalah dalam peristiwa ini,” katanya.

Yang jelas, lanjut dia, mobil yang dikendarai Rio Haryanto belum terasa enak 100 persen. “Mobilnya masih suka lari-lari sendiri,” katanya.

Rio Haryanto yang tergabung dalam tim Addax Barwa tersebut masuk garis finis pada posisi ke-24 (dari 26 pebalap peserta GP2 Series) dengan catatan waktu 43 menit 15,485 detik, sedangkan rekan satu tim Rio Jake Rosenzweig (Amerika Serikat) diurutan ke-22 dengan 42 menit 52,413 detik.

Sementara itu posisi pertama ditempati pebalap tim Rapax S Coletti dengan catatan waktu 41 menit 49,895 detik, kemudian diikuti pebalap Jilmer Motorpsort R Frijins dengan catatan waktu 41 menit 50,586 detik, sedangkan ketiga F Nasr dari tim Carlin dengan catatan waktu 41 menit 57,107 detik.

Sampai seri ketiga di Barcelona ini, pebalap berusia 20 tahun (Rio Haryanto) menempati peringkat ke-21 klasemen sementara dengan mengumpulkan dua poin setelah pada race pertama di Catalunya ini (hari pertama atau Sabtu) menempati peringkat kesembilan.

Peringkat pertama masih ditempati pebalap tim Rapax S Coletti dengan total nilai 93, kemudian disusul pebalat tim Carlin F Nasr dengan nilai 76, sedangkan posisi ketiga ditempati pebalap tim Racing Engineering F Leimer dengan total nilai 54.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya